Rabu, 18 Juli 2018

# buku # mom & kids

Bebas Gadget dengan Buku Stiker Risugumi

Di era sekarang ini ga cuma orang dewasa aja yang senang bermain gadget, anak kecil pun senang sekali dengan gadget. Baik itu untuk main game, menonton video atau untuk melihat foto-foto. Tentunya interaksi dengan gadget jika tidak dibatasi akan menyebabkan kecanduan, selain itu juga bisa menyebabkan kerusakan mata.

Nah kalau Sakha ini lagi seneng-senengnya sama serial kartun di RTV semacam Tobot, Rainbow Rubby, Tayo, Poli Robocar, Legend Hero dan G Fighters. Yang paling dia demen sih si Legend Hero ini, sampai-sampai dia minta untuk didownloadkan serial ini di hapenya. Eh itu hape saya ding. Jadi hape Lenovo jadul saya yang tahan banting tu masih belum rusak, tapi saya kepengen banget beli hape baru yang layarnya gede buat ngeblog. Akhirnya si hape Lenovo itu jatuh ke tangan Sakha deh.

Baca : Review Xiaomi Redmi Note 3 Pro Untuk Si Blogger

Saya sering downloadkan video untuk Sakha di Youtube hapenya. Sengaja saya save as offline supaya konten video masih aman sesuai pengawasan. Paket datanya juga saya matikan supaya Sakha ga browsing kemana-mana. Sakha sering banget berinteraksi dengan gadget di malam hari sebelum tidur. Kalau udah nonton serial Legend Hero ini Sakha sering lupa waktu. Berangkat boboknya bisa sampe malam banget deh. Saya jadi mikir, gimana nih cara alihkan Sakha dari gadget ini.

Sebenernya ada kegiatan lain yang bikin Sakha sering lupa waktu, yaitu bermain lego dan bermain tempel-tempel stiker. Tapi saya males aja bawa lego ke kamar untuk dimainkan Sakha di pengantar tidurnya. Tepatnya males beres-beresnya gitu. Trus stiker yang beberapa waktu lalu saya beli juga udah Sakha tempel semua.

Baca : Main Tempel-Tempel Stiker Yuk

Di suatu malam yang hening saya lagi skrol-skrol instagram, nemu lah sponsored post akun foxandbunny.id di stories. Padahal saya ga follow lho..hehehe.. Storynya menarik banget, ada tulisan "Stay fun without gadget". Kepolah saya dengan akun itu. Ternyata akun tersebut menjual busy book dan sticker book yang cocok dimainkan oleh anak usia prasekolah.

Sejujurnya saya tertarik banget sama buku stikernya. Selain colorfull, tema dalam buku itu juga macem-macem. Nama buku stikernya adalah Risugumi. Kalau untuk busy book saya ga terlalu ngebet soalnya Sakha udah punya busy book dari zaman dia bayi, yang masih awet dimainin sampe sekarang.

Baca : Custom Busy Book Untuk Sakha

Buku stiker Risugumi ini punya 6 seri tema yang berbeda yaitu seri Berpakaian, Zaman Prasejarah, Luar Angkasa, Kendaraan Lengkap, Rumah & Belanja, serta Kendaraan & Hewan. Harga per bukunya adalah Rp. 45.000. Sedangkan kalau kita beli paket lengkap bisa dapet harga Rp. 245.000. Berikut penampakan bukunya, gambar saya ambil dari website foxandbunny.id ya..
Seri Berpakaian
Seri Zaman Prasejarah
Seri Luar Angkasa
Seri Kendaraan
Seri Rumah & Belanja
Seri Kendaraan & Hewan
Menarik banget kan covernya, yang pasti isinya juga sangat menarik. Sebelum beli saya pantengin dulu instagramnya foxandbunny.id karena disana ada video yang menampilkan penampakan buku stiker ini lembar per lembarnya..hohoho.. Silahkan kepo juga.. :p

Singkat cerita akhirnya saya beli buku stiker ini untuk Sakha. Ternyata store foxandbunny.id berdomisili di Jogja, jadinya bisa dapet ongkir murah banget. Buku stiker ini berukuran A5 dan terdiri dari enam lembar. Dua lembar berisi kumpulan objek stiker yang bisa dilepas pasang berkali-kali, yang totalnya sekitar 80an objek. Empat lembar berisi space untuk menempel stiker. Di halaman terakhir terdapat permainan yang menarik untuk si kecil, seperti permainan maze, papercraft, mencocokkan gambar, mencocokkan bayangan, dll. Mirip kayak buku Halo Balita yang menyediakan permainan tambahan di halaman paling belakang.

Baca : Buku Halo Balita, Investasi Untuk Sakha?

Waktu Sakha mainin buku ini dia seneng banget. Stikernya gampang banget dilepas pasang. Gambar stikernya juga lucu-lucu. Saya pun juga ikut seneng pas dampingin Sakha main. Jadi lupa deh sama hape alias gadget. Buku stiker ini praktis dibawa kemana-mana karena ukurannya yang ga terlalu besar. Sakha sering mainin buku stiker ini di depan ruang TV, bahkan pernah juga dibawa ke kamar sebagai mainan pengantar tidur. Buku ini juga sering menemani Sakha di dalam mobil untuk menghilangkan rasa bosan saat perjalanan.
Lagi konsen
Sebagai mainan pengantar tidur pengganti hape
Nemenin di perjalanan
Di buku seri Kendaraan, terdapat banyak gambar lintasan kendaraan seperti jalanan, rel atau lintasan pesawat di bandara. Jadinya buku ini bisa dijadikan alas main kalau Sakha mau mainin mobil-mobilan atau kereta-keretaannya. Seru!

Di buku seri Rumah & Belanja, kita bisa mengajarkan si kecil bagaimana serunya mengatur rumah. Kan ada stiker bergambar mainan tuh, saya tinggal bilang ke Sakha "Sakha ini mainannya ditaruh di rak ya, biar rapi". Sakha langsung semangat nempelin stiker mainan tersebut di gambar rak. Di kehidupan nyata, seringnya Sakha jadi tau kalau mainan berserakan tuh ga enak dilihat, jadinya ditaruh rak deh..hehehe.. Good job!

Lumayan banget, dengan adanya buku ini interaksi Sakha dengan hape jadi semakin berkurang. Biasanya pas nempelin stiker ini Sakha kayak bikin cerita sendiri gitu. Saya yang dampingin main pun jadi semangat dengerin cerita Sakha.

Bermain buku stiker ini tuh serunya dapet, manfaatnya juga dapet lho, antara lain :
  • Menstimulasi daya imaji anak
  • Melatih kemampuan syaraf sensorik dan motorik
  • Melatih kesabaran dan daya konsentrasi si kecil
  • Mengenal berbagai jenis objek
  • Mengurangi penggunaan gadget

Buku stiker Risugumi ini memiliki beberapa kelebihan dibandingkan buku stiker yang lain, yaitu:
  • Ukuran A5 memudahkan untuk dibawa kemana-mana
  • Ilustrasi sangat menarik sehingga si kecil tidak mudah bosan
  • Stiker mudah dilepas pasang berkali-kali
  • Terdapat permainan tambahan di halaman belakang

Sedangkan so far kekurangan buku ini menurut saya adalah halaman cover yang bahannya terlalu tipis, jadi doi gampang lecek gitu. Mungkin kalau disampul plastik gitu bakal lebih rapi yes, cuma sayang saya nya aja yang males..

Oke sekian review saya tentang buku stiker ini. Semoga bisa memberikan gambaran ya. Oh ya buku ini udah bisa dimainin saat si kecil berumur 1 tahun lho.. Yuk mari have fun dengan buku ini. Stay fun without gadget and create your own story!

Sumber gambar :
No gadget : https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcT6A_DB9S8CqNaMXP1SZ1UzPtomKMdOMAUdcnX1huPwakIbiFC4mA 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me @granitprihara