Kamis, 11 Januari 2018

# travelling # wisata jogja

Keliling Dunia di The World Landmark Merapi Park

Yuhuu, postingan awal tahun ini masih dimeriahkan dengan tema jalan-jalan. Kali ini saya pengen mengulik cerita saat kami berkesempatan berkeliling dunia, tapi ga beranjak dari Jogja lho..hehehe.. Ceritanya awal bulan Desember lalu ibuk saya main ke Jogja. Bosen berkeliling pasar Beringharjo dan mall, akhirnya kami memutuskan untuk rekreasi saja. Nah kebetulan di pertengahan tahun 2017 kemarin ada tempat wisata yang baru dibuka di daerah Kaliurang, namanya The World Landmark Merapi Park.

Sering banget kami denger iklannya di Prambors, jadi makin bikin penasaran pengen main kesini. Plus saat googling, nemu foto-foto kece berlatarkan bangunan iconik dunia yang berlokasi di tempat ini. Yuk cuzz kesana! The World Landmark Merapi Park atau yang lebih sering dikenal dengan Merapi Park ini terletak di daerah Kaliurang, tepatnya di Jalan Kaliurang KM 22, Desa Hargobinangun, Pakem, Sleman, DIY. Lokasinya deket dengan Agrowisata Bhumi Merapi dan Museum Gunung Merapi. Pake google maps dijamin ga nyasar..hehehe..

Pas nyampe lokasi suasananya lagi super rame banget karena long weekend. Minusnya adalah lahan parkir mobil terbatas waktu itu, jadinya kami parkir di bahu jalan yang bersebelahan dengan jembatan. Mengingat ini adalah daerah pegunungan, medan parkirnya pun naik turun ala kadarnya.

Sampe di loket penjualan tiket, kami langsung membeli tiket masuk seharga Rp. 15.000 per orangnya. Anak berusia di bawah dua tahun ga dikenai biaya tiket masuk. Kece juga tiket masuknya ini bertuliskan boarding pass dengan design yang menarik.

Masuk di kawasan wisata mata kami dimanjakan oleh hamparan pemandangan hijau, di sekelilingnya terdapat beberapa taman bunga yang bunganya belum mekar sempurna. Beberapa icon bangunan dunia atau biasa disebut landmark dunia juga tersebar di area ini seperti miniatur menara Pisa, menara Eiffel, patung Liberty, jam Big Ben, kincir air Belanda, dan miniatur landmark dunia lainnya.
Jenis bunga yang banyak ditanam disini
Di depan miniatur landmark dunia tersebut juga diberi papan keterangan supaya pengunjung mengetahui asal dan sejarah landmark tersebut. Sayangnya, jarak penataan antar landmark yang satu dan yang lain ini posisinya lumayan berdekatan. Kalau ga pinter ambil angle foto yang bagus, bisa-bisa banyak kerumunan orang yang ikut kefoto..kayak begini nih..
Ramainya orang-orang
Saking ramainya pengunjung dan saking panasnya matahari waktu itu, membuat semangat kami untuk berfoto ria memudar. Kami cuma foto-foto ala kadarnya aja di background yang sepi peminat. Plus waktu itu Sakha beringas pas ketemu rumput hijau, dia langsung lari-larian kesana kemari. Untung bapaknya sigap sempurnya..makasih ayah..
Kece ya
Oh ya jangan dikira bunga di depan kincir angin itu bunga asli ya, itu cuma bunga plastik buat hiasan aja, biar kayak di negara tulip beneran..hehehe.. Tapi memang adanya bunga-bunga imitasi ini bisa bikin hasil foto jadi tambah keren.
Sakha yang dah pengen lari aja
Lari-lari terus ga mau difoto
Oh ya saat capek berjalan atau saat capek berselfie ria, pengunjung bisa istirahat di tempat duduk yang disediakan di sekitar taman. Banyak banget tempat duduk yang disediakan disini, mulai yang model biasa sampe model ayunan
Untuk tempat istirahat rombongan keluarga besar, pengunjung bisa memilih beristirahat di gazebo-gazebo yang tersebar di area ini. Sayang ga kefoto nih gazebonya, padahal kami sempat tidur-tiduran disana, nyaman banget, adeeeem.. Tidur-tiduran sambil ditemani musik yang mengalun melalui speaker-speaker yang tersebar di area ini. Yes, tempat ini full music dong.. :D

Puas berjalan-jalan mengitari taman serta puas beristirahat di gazebo, saatnya memanjakan perut di tempat makan yang disediakan. Di area ini terdapat rumah makan yang menyediakan menu masakan rumahan seperti sayur asem, sayur sop, sayur lodeh, dan tumis. Lauknya pun bermacam-macam mulai dari telor balado, telor goreng, tahu, tempe mendoan, ikan, dll. Rumah makannya bernama Leyeh-leyeh Resto, sistem makannya adalah prasmanan, ambil sepuasnya lalu bayar di akhir. Harganya lumayan terjangkau.
Sakha di depan Leyeh-leyeh Resto
Sayang makanan yang kami makan ga kefoto, karena saking enaknya jadi cepet ludes. Hmm, jangan lupa untuk memesan minuman teh gula batu disini, membuat suasana makan menjadi lebih nikmat..hohoho.. Plus mendoannya juga enak bangeeeet..wajib cobaa..:D
Oh ya toilet disini juga bersih banget, ya mungkin karena masih baru ya. Disini juga disediakan mushola, jadi ga usah bingung tempat untuk sholat. Hmm, akhirnya setelah perut kenyang, Sakha mulai ngantuk deh. Daripada rewel, mendingan kami memutuskan untuk pulang aja.
Saat pulang, kami baru sadar kalau lagi ada proses pembangunan kolam renang mini dan taman bermain untuk anak-anak. Areanya di dekat pintu masuk, banyak patung-patung tokoh kartun di sekitarnya. Nanti planningnya kayaknya bakal dikenai tiket masuk khusus juga untuk berenang.
Wow, jadi makin lengkap aja kan fasilitas di area wisata ini. Bagi kalian yang pengen keliling dunia, tapi ga mau keluar dari wilayah Jogja, cukup datang kesini aja. Menurut saya tempat ini cukup recommended sebagai destinasi wisata keluarga. Sebaiknya datang kesini saat pagi hari atau sore hari menjelang tutup, supaya ga kepanasan kayak saya..hehehe..

Oh ya tempat ini dibuka mulai dari pukul 09.00 sampai pukul 16.30 saat weekdays, dan pukul 08.30 sampai pukul 17.00 saat weekend. Happy holiday yaaa.. :)


Ringkasan : 
Nama Tempat : The World Landmark Merapi Park
Alamat : Jalan Kaliurang KM 22, Desa Hargobinangun, Pakem, Sleman, DIY
Jam buka : 09.00 - 16.30 (week days), 08.30 - 17.00 (weekend) 
Harga tiket masuk : Rp. 15.000 per orang (di atas 2 tahun wajib bayar)
Rate : 4.7/5

11 komentar:

  1. tempat yang indah untuk dikunjungi..cantik sekali

    Rental Mobil Jogja

    BalasHapus
  2. Wahhh Keren yah tempatnya. Aku sukaa CV Tugu Tour

    BalasHapus
  3. mbak, kira2 kalo ke sana naik grab or go car sudah gak ya? saya dan kelrg pengen liburan ke sana, atau sewa mobil aja ya? bantu informasinya ya.. thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf banget baru bales mba..
      Kalau naik gocar pas berangkatnya kayaknya bisa mba...tapi pas baliknya itu ga yakin ada gocar yg masuk area sana..
      Sebaiknya nyewa mobil aja mba.. :)

      Hapus
  4. Suka banget sama pemandangan dan tempat fotonya..
    gak pernah bosan deh kalau kesini.
    Rental Mobil Jogja

    BalasHapus
  5. wah bagus yah tempatnya..sangat menarik.
    rental mobil jogja

    BalasHapus
  6. wah bagus yah tempatnya..sangat menarik.
    Salam

    BalasHapus

Follow Me @granitprihara