Minggu, 08 Maret 2020

# curhat # tutorial

Mengurus Wajib Pajak Non Efektif Bisa Lebih Mudah

Setelah kurang lebih enam bulan yang lalu saya resign dan fokus menjadi ibu rumah tangga, otomatis sudah ga ada pendapatan tetap lagi dari kantor. Kewajiban membayar pajak pun sudah tidak berlaku. Sebelumnya saya mengira kalau NPWP itu bisa dihapus, tapi ternyata hanya bisa dinonaktifkan saja. Research tentang Wajib Pajak Non Efektif pun dimulai, ternyata hal tersebut hanya bisa diurus di Kantor Pelayanan Pajak sesuai NPWP, bukan domisili.

Kriteria Wajib Pajak Non Efektif adalah sebagai berikut :

KPP sesuai NPWP saya berlokasi di Blitar, sedangkan saya domisili Jogja, pengennya ngurusnya nanti pas mudik tahun baru aja gitu. Jadi beberapa bulan setelah resign saya malah semangat untuk ngurus pencairan JHT, yang bisa diurus di kantor BPJS Ketenagakerjaan Jogja.

Hari mudik akhir tahun pun tiba. Saya udah di Blitar nih, saya juga sudah ngeprint form Permohonan Penetapan Wajib Pajak Non Efektif yang saya dapatkan dari teman yang bekerja di kantor pajak Jogja. Walaupun form sudah di tangan, tapi keteguhan hati untuk pergi ke KPP Blitar rasanya diuji. Pas mudik, ada aja agenda-agenda yang menggagalkan rencana saya ke KPP..hehehe.. Mulai dari sambang keluarga, kulineran, sampe piknik.. 
Formulir Permohonan WP NE
Surat Pernyataan WP NE
Akhirnya rencana menyambangi KPP batal, waktunya balik ke Jogja. Teman bilang kalau pengajuan Wajib Pajak Non Efektif bisa dikirim melalui pos. Research lebih lanjut ternyata memang bisa. Cuz dah untuk beli amplop cokelat dan materai.
Setelah mangisi form dan menempelkan materai, saya masukkan semua kelengkapan ke dalam amplop cokelat. Saya juga menyertakan fotokopi KTP dan NPWP, siapa tau dibutuhkan. Cuzzlah pergi ke Kantor Pos untuk mengirimkan berkas sambil berharap semoga permohonan penetapan Wajib Pajak Non Efektif ini diterima.

Setelah kurang lebih dua minggu dari tanggal pengiriman, saya mendapat kabar dari ibu di Blitar kalau saya mendapatkan surat dari kantor pajak. Alhamdulillah permohonan saya diterima. Saya memenuhi kriteria sebagai Wajib Pajak Non Efektif 
Pengumuman dari KPP
Bagi teman-teman yang kebetulan ingin mengurus Wajib Pajak Non Efektif namun berbeda domisili dengan KPP NPWP, pilihan mengirim dokumen via ekspedisi bisa dijadikan pilihan. Tentunya lebih mudah dan praktis daripada harus datang langsung ke KPP dan mengantri. Tapi memang akan dibutuhkan biaya pengiriman, tapi setidaknya gak lebih mahal dari harga tiket mudik .

Thanks for reading..

Sumber gambar :
Wajib pajak NE : https://news.ddtc.co.id/assets/images/ori/--kamu-pajak-wp-non-efektif.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me @granitprihara