Sabtu, 29 Februari 2020

# review hotel

Staycation di New Saphir Hotel Jogja

Sebelum pandemi covid masuk ke Indonesia, tepatnya bulan Februari ini alhamdulillah kami diberi rezeki untuk staycation di Hotel New Saphir Jogja, letaknya strategis di tengah kota dekat dengan Lippo Plaza Jogja.

 

Ceritanya waktu itu kami lagi dalam kondisi suntuk dengan rutinitas. Ayah Sakhakhi mumet sama kerjaan di project barunya, plus saya juga masih adaptasi sama rutinitas baru sebagai IRT. Entah kenapa ayah Sakhakhi nyeletuk pingin berendam di bath up biar rileks. Mumpung alokasi tabungan untuk liburan belum terpakai, akhirnya diputuskanlah untuk staycation di hotel #yang ada bath up nya..hehehe..

 

Hotel di Jogja yang memiliki fasilitas bath up rata-rata adalah hotel lama. Kadang ada juga fasilitas bath up tapi kamarnya harus yang tipe Suite atau Family room. Setelah diseleksi berdasarkan budget diputuskanlah menginap di Hotel New Saphir ini. Kami menginap saat weekend dengan rate 400ribuan semalam untuk kamar Superior non smoking room.


Singkat kata, hari H pun tiba. Kami check in sekitar pukul 14.00. Kami dapat tempat parkir mobil di luar, karena ternyata tempat parkir basement tidak terlalu besar. Waktu itu ramai dipenuhi mobil juga.


LOBBY

Lobby hotel New Saphir sangat luas. Gemerlap lampu berwarna terang dan berwarna kuning berpadu menjadikan hotel ini tampak elegan dipandang.

Area lobby yang luas

Sebelum memasuki area lobby, kami melewati area playground mini. Selama ayah Sakhakhi mengurus proses check in, saya dan anak-anak menunggu di playgorund. Walaupun playground nya tidak terlalu besar, namun cukup membuat anak-anak happy

Asik main di playground dulu
Tampaknya playground dengan tipe seperti ini kurang menantang untuk Sakha, ya maklum dia udah mau jadi anak SD..hehehe.. Kalau adik Sakhi mah betah main prosotan disitu. Karena Sakha bosen, dia minta difoto di booth display batik dan kebaya. Baiklah nak..
Yang eksis yang eksis

Proses check in tidak terlalu lama, tapi ada sedikit masalah nih. Ternyata kamar Superior non smoking room tinggal sisa yang tipe twin bed, padahal kami pesan yang double bed kan. Ya udah deh ga apa-apa, tujuan kita kan fokus ke fasilitas bath up nya


KAMAR

Kami dapat kamar di lantai dua nih ternyata. Harapan melihat pemandangan kota dari ketinggian pupus sudah. It's okey, lagi-lagi kami fokus ke tujuan utama #berendam di bath up..wakaka..

 

Di perjalanan menuju kamar, kami melewati tangga yang di dekatnya terdapat kolam koi sebagai penyegar suasana. Lorong-lorong di hotel ini juga nampak elegan.

Kolam koi

Lorong di hotel
 

Masuk ke area kamar, saya langsung salah fokus sama lantai yang full dengan karpet corak yang membuat suasana mewahnya berasa. Selama nginap di beberapa hotel, kami jarang banget menjumpai hotel dengan lantai karpet. Seringnya ya lantai marmer, keramik atau lantai kayu alias parket. Menurut saya selain membuat kesan mewah, lantai karpet di hotel New Saphir ini juga bikin suasana jadi hangat. Anak-anak mau gelundungan lesehan di bawah pun ga masalah.

Fokus ke lantai karpet yang bersih
Kesan dari kamar Superior ini adalah mewah. Warna furniturenya dominan putih, sehingga tampak kekinian juga. Kamar dengan ukuran yang luas ini mempunyai fasilitas yang cukup lengkap, mulai dari AC, TV, bench, lemari, brankas, mini bar, toiletries, dan pemanas air.
  
Bench untuk menaruh tas

Minibar
Pada kamar ini terdapat connecting door yang terkunci, menghubungkan dengan kamar sebelah. Mungkinkah ini sebenernya bagian dari kamar Family Room? entahlah..

 

Kamar yang kami tempati ini memiliki jendela yang sangat besar, tapi sayangnya kami ga dapat pemandangan apa-apa. Cuma terlihat tembok dan beberapa tanaman di pot-pot besar gitu.


BED

Yes seperti yang sudah dibahas di awal tadi, bed kamar ini memiliki tipe twin bed. Kami meminta petugas kamar  untuk mendempetkan satu ranjang twin ini ke tembok, supaya Sakhi gak ngglundung nanti pas tidur..hehehe..

Dempetin ke tembok biar aman
Btw ini kali pertama kami nginep di kamar twin, jadi komposisi tidurnya adalah saya bareng Sakhi di bed satu, sedangkan Sakha dan ayahnya di bed lain. Ternyata nyaman-nyaman aja bobok dengan komposisi seperti itu.

Lagi-lagi saya salah fokus sama design kamarnya. Bed disini jadi tampak elegan karena terdapat background 3D di dindingnya, plus dilengkapi dengan lampu hias, menjadi berkelas.
Background yang bikin mevvah


BATHROOM

Kami sangat bersemangat untuk melihat kamar mandinya, apakah beneran ada bath up nya? Yes beneran ada, bath up + shower! Kami semua kegirangan..

Bath up nya gaes
Letak bath up agak tersembunyi di belakang pintu kamar mandi. Bath up juga dilengkapi dengan tirai supaya saat mandi disana air tidak berceceran keluar.


Sama seperti suasana di kamar, suasana di kamar mandi ini juga tampak bersih dan mewah. Perpaduan warna cokelat muda dan putih cocok membuat nyaman mata. Ditambah full kaca pada wastafelnya, membuat kamar mandi tampak semakin lega. Toiletries yang disediakan juga cukup lengkap, meliputi sikat gigi, sabun, headcap, dan shampoo.

Luas

Saat waktu mandi sore tiba, kakak adik ini langsung minta berendam main air. Baiklah, silahkan main air sepuas kalian nak. Mumpung pake air anget juga jadi gak masuk angin..hehehe.. Saya sengaja bawa balon air dari rumah, biar anak-anak tambah seru main airnya.

Asiknya berendam
Malam hari nya giliran ayah Sakhakhi yang berendam nih. Sebelum berangkat ke hotel, saya order rempah-rempah dan garam spa untuk beredam. Khasiatnya biar tubuh terasa rileks. Pegal-pegal dan kaku di otot bablas ilang. Rempah-rempah juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit. Langsung saya setting air berendam untuk ayah Sakhakhi nih. Selamat berendam!
Amunisi berendam


KOLAM RENANG

Besoknya sebelum sarapan, kami mampir berenang dulu. Kolam renang di hotel ini cukup luas, ada kolam renang anak juga. Suasana waktu itu agak ramai, untungnya saya dapat tempat duduk santai yang pewe nih.

Nemu tempat nyaman
Seperti biasa, anak-anak renang bareng ayahnya. Sedangkan saya bertugas jagain tas sambil jadi juru foto. Oh ya di kolam renang ini juga disediakan handuk. Cukup minta ke petugas yang berjaga aja. Gak perlu bawa handuk dari kamar.

Kolam renang dewasa
Semakin menjelang siang, keadaan kolam renangpun semakin ramai juga. Akhirnya kami putuskan untuk segera ganti dan menuju resto untuk sarapan.


BREAKFAST BUFFET

Breakfast buffet terletak di resto lantai satu dekat dengan lobby. Seperti sarapan di hotel bintang empat pada umumnya, menu disini bervariasi. Rasanya pun juga enak. Seperti biasa, menu langganan sarapan di hotel adalah nasi goreng. Tumben ayah Sakhakhi nambah nih..

Menu andalan
Syukurlah waktu itu suasana di resto ga terlalu ramai, kami pun dapat tempat duduk yang nyaman. Bisa menikmati makanan dengan santai.


SERVICE

Secara umum service di hotel ini bisa dibilang memuaskan. Petugas resepsionisnya ramah dan cekatan. Ketika kami meminta bantuan untuk menggeser bed, petugasnya dengan sigap langsung datang. Petugas di area restopun juga ramah.


WHAT'S NEAR HOTEL

Di dekat Hotel New Saphir ada apa? Banyak..karena hotel ini letaknya strategis di pinggir jalan besar. Jalan beberapa langkah aja sudah sampai di Lippo Plaza, banyak pilihan tempat makan disana. Malam itu kami memilih untuk makan di KFC, maklum udah lama ga makan ayam kriuk


Jika membawa anak kecil dan butuh mencari entertainment untuk anak, mampir ke Lippo Plaza juga bisa dijadikan solusi. Banyak wahana permainan disana, seperti playground, Timezone, Aeon Fantasy, wanaha sewa mobil remote atau wahana main pasir. Kakak adik lagi tertarik main pasir nih, tarifnya sekitar 15ribu sejam per anak. Puas-puasin nak sampai mall nya tutup

Puas main pasir
Oh ya jika butuh untuk belanja keperluan kecil-kecil saat di hotel, jangan khawatir. Di Lippo Plaza juga ada Hypermart, jadi kalian bisa mampir beli disana. Atau kalau ga mau masuk ke mall, langsung nyeberang jalan di depan hotel ada Indomaret kok.


* * *

Overall, kami puas bisa menginap di hotel ini. Butuh fasilitas bath up di kamar hotel namun dengan harga tidak terlalu mencekik, bisa mempertimbangkan untuk book hotel ini. Letaknya yang strategis dekat dengan pusat kota juga menjadi nilai plus dari hotel ini.
 
Thanks for reading...


 

 

 




Ringkasan : 
Nama Tempat : New Saphir Hotel Jogja
Alamat : Jalan Laksda Adi Sucipto no 38, Demangan, Kec. Gondokusuman, Kota Yogyakarta
Harga Kamar : Start from Rp. 300.000
Pros : Hotel bintang empat, lokasi strategis dekat mall, hotel bersih, lantai kamar karpet, kamar luas, fasilitas lengkap, ada bath up, sarapan enak dan sangat variatif
Cons : Parkiran basement agak sempit, dapat kamar yang viewnya tembok
Rate : 4.7/5

 

 

Sumber gambar :

Hotel New Saphir : http://kagama.co/wp-content/uploads/2020/01/NEW-SAPHIR-696x399.jpg


Tidak ada komentar:

Posting Komentar