Kamis, 21 Desember 2017

# mainan

Yuk Main Seru-seruan Dengan Water Beads

Ada yang tau tentang benda bernama hidrogel? Pasti tau dong ya. Soalnya zaman saya SMP dulu pernah booming banget hidrogel ini sebagai media menanam tanaman hias. Saya masih inget banget di buffet rumah orang tua saya ada gelas yang berisikan hidrogel, trus ada tanaman hias yang nancep disana. Dulu seinget saya warnanya itu putih bening aja. Tapi saya ga tau, kalau hidrogel ini wujud aslinya seperti butiran-butiran kayak manik-manik gitu.
Nah akhir-akhir ini hidrogel juga booming lagi, tepatnya di kalangan anak-anak. Tepatnya sebagai sensory play yang digunakan untuk melatih kemampuan motorik halus anak, selain mainan pasir kinetik, playdough atau slime. Nama beken benda ini sekarang bukan hidrogel lagi, melainkan water beads. Jadi apa itu water beads?

Baca : Sekarang Main Pasir Ga Harus Ke Pantai Lho..

Baca : Asyiknya Bermain Playdough

Baca : Main Slime Yuk!

Water beads adalah butiran-butiran yang dapat menyerap air, yang mana ketika butiran itu direndam maka butiran tersebut berubah menjadi bola-bola jelly kecil yang teksturnya lentur dan dapat dipecahkan. Seperti yang udah saya singgung di awal tulisan tadi, water beads ini mulanya dimanfaatkan sebagai media menanam tanaman pengganti tanah, khususnya untuk tanaman hias.

Selain itu tekstur water beads yang unik, lentur dan licin ini cocok banget untuk anak-anak, khususnya balita sebagai media latihan meremas dan melatih kelenturan tangan. Jadi ceritanya saat Sakha berumur setahunan saya tertarik banget sama sensory play dari El Hana. Waktu itu, selain saya membeli paket permainan pompom, saya juga penasaran untuk membeli water beads ini.


Harga water beads per plastik kecilnya adalah Rp. 1.500. Di dalam sebungkus plastik kecil water beads itu juga dilengkapi satu mainan hewan kecil yang terbuat dari karet. Sebelum memainkan water beads ini, kita harus merendamnya dahulu ke dalam air kurang lebih selama 30 menit. Jangan lupa mainan hewan dari karet itu juga ikut direndam ya, karena akan tumbuh semakin besar dan besar..hohoho..
Bentuk water beads sebelum mengembang
Setelah bentuk water beads bertambah besar, saya coba memainkannya bareng Sakha. Waktu itu Sakha masih berumur satu tahunan, dia happy banget saat tangannya menyentuh water beads. Ekspresinya geli-geli gimana gitu. Hasrat untuk melempar-lempar water beads pun tidak terbantahkan, alhasil mainan itu berceceran kemana-mana. Selain itu hasrat Sakha untuk memasukkan mainan water beads ini ke mulutnya juga sangat besar. Jadinya saya hebooh sendiri dan kurang sabar juga ngingetin Sakha terus..hahaha..
Hewan karet yang ikut mengembang juga
Bener sih waktu itu Sakha antusias banget main ini, tapi saya takut aja water beadsnya dimakan. Jadinya mainan ini saya pensiunkan dini dulu ke dalam lemari. Mungkin nanti ketika Sakha sudah lebih komunikatif, kami akan memainkannya lagi..hohoho.. :D

Nah dua tahun berlalu, ada temen saya di grup whatsapp yang sharing tentang kegiatan anaknya bermain water beads. Saya jadi inget sama mainan yang sudah saya pensiunkan dini ini. Apalagi Sakha udah berumur tiga tahun, saya rasa usia segitu udah pas banget buat mainin ini lagi. Udah ga ada lagi rasa penasaran pengen maem si water beads ini.
Water beads yang sudah menjadi jelly
Baca : Selamat Ulang Tahun Ketiga Sakha

Ceritanya waktu itu Sakha lagi ngambek, pengen ikut ayahnya ketemu tukang, eh tapi ga dibolehin karena emang ketemunya bakal lama. Apalagi saya lagi hamil jadinya mager banget buat keluar rumah, akhirnya Sakha saya bujuk buat main sesuatu yang asik. Saya keluarkanlah water beads yang mangkrak lama di lemari. Pas mainin itu Sakha seneng banget. Wajah sedihnya karena ditinggal ayah berubah jadi ceria, Sakha demen banget remas-remas water beads ini, gemes sama teksturnya.

Waktu itu kami mainnya simple aja kok, cukup sediakan wadah besar untuk water beads plus botol kosong. Tugas Sakha waktu itu adalah memasukkan water beads ke dalam botol sambil menyebutkan warnanya. Setelah botol penuh, water beads itu dituang lagi deh ke wadah besar. Begitu seterusnya direpeat sampai bosan. Ajaibnya Sakha ga bosen-bosen main ini, kira-kira sekitar satu jam-an Sakha betah banget mainin ini.
Cieee main water beads
Selain permainan memasukkan water beads ke dalam botol, sebenernya masih banyak permainan lain yang bisa dikreasikan seperti menyendok, mencapit, meremas, menghitung, mengelompokkan warna, memancing atau menyaring water beads. Ga kebayang kan, dari benda sekecil dan semurah ini anak kita mendapatkan manfaat yang banyak. Yang pasti setelah bermain ini si kecil jadi lebih happy lho. Sebaiknya saat si kecil bermain kita juga mendampingi nya ya buibu, biar aura happy si kecil juga nular ke kita.. :D

Kayaknya sekian dulu postingan dari saya. Yuk ajak si kecil main water beads alias hidrogel ini, karena seru bangeeet! Thanks for reading ya..


Sumber gambar :
Waterbeads : https://images-na.ssl-images-amazon.com/images/I/51yoqS7gNoL.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me @granitprihara