Kamis, 14 Desember 2017

# kuliner

Sego Megono, Nasi Khas Pekalongan Ada Juga Di Jogja

Halo-halo semua, jumpa lagi dengan emak Sakha disini. Ceritanya saya udah lama banget ga update blog. Alesan paling utama ya karena lagi males banget plus kondisi juga lagi ga memungkinkan. Sejak awal bulan Oktober sampe awal Desember ini saya lagi dilanda morning sickness berat. Keluh kesahnya udah saya posting disini nih..hehehehe.. :p


Nah fase mual dan muntah yang saya alami ga cuma di pagi hari aja, melainkan setiap saat. Banyak temen yang bilang mungkin saya lagi mengandung anak cewek soalnya dulu mereka-mereka pada teler ga berdaya saat mengandung anak cewek. Semoga aja ya..hehehe.. soalnya ciri-ciri kehamilan yang kedua ini beda banget sama kehamilan pertama lalu. Kalau di kehamilan pertama dulu setiap bulan berat badan saya bisa naik, di kehamilan saya yang sekarang engga..huwaaaa..

Makanya PR banget nih, soalnya saya ga semangat buat makan apa-apa. Ga semangat disini tuh maksudnya ga ada makanan yang dipengen bangeeet kayak ngidam gitu. Nah pas makan siang sama temen, si ayah Sakha pesen mangut ikan Pe. Nah ada temen kerja yang bilang kalau ada ikan Pe yang lebih enak daripada yang dimakan ayah Sakha sekarang. Lokasi belinya di Warung Sego Megono.. Tanpa cap cip cup, pulang kerja kami langsung hunting makanan itu..

Warung Sego Megono ini terletak di Jalan Gedongkuning no 179 Yogyakarta, tepatnya di depan Dealer Motor Yamaha. Warung ini ga terletak di dalam ruko gitu, tapi didirikan pake tenda di trotoar. Tempat duduknya bisa lesehan atau duduk di kursi. Tempat makan ini buka hari Senin - Sabtu mulai dari pukul 17.00 - 22.00.

Pas pertama kali saya beli kesitu, sempet bingung juga. Sego megono ini apa sih? Rupanya si sego megono ini adalah kuliner khas Pekalongan. Komposisinya berupa nasi putih yang di atasnya ditaburi cacahan nangka muda yang dicampur dengan parutan kelapa. Kalau misal di Jawa Timur, mirip urap-urap kali ya, tapi dari nangka muda..hohoho.. Jadi cuman gitu doang komposisinya? Eits, selain itu nasi megono disini juga dilengkapi beberapa potong ikan asin dan sambal, yang pastinya bikin mak nyus..

Waktu itu kami belinya dibungkus aja, lebih santai kalau makan di rumah. Sebungkus nasi megono ori yang berisi tambahan ikan asin dan teri tadi harganya murah banget, cukup bayar Rp. 4.000 aja untuk sebungkus nasi enak..hahaha.. Tapi porsinya emang agak kecil sih kalau buat cowok dan.....ibu hamil..wkwkwkwk.. Jadi saya pesen dua bungkus deeeeh..

Oh ya apa kabar dengan ikan Pe yang diceritakan teman saya tadi? Nah ternyata di Warung Sego Megono ini menyediakan berbagai jenis lauk tambahan, salah satunya mangut ikan Pe. Dari penampakannya sih maknyus enak, sayang banget saya ga sempat foto-foto warungnya.. :( Ya kaaan di waktu itu saya ga kepikiran ini bisa jadi bahan blog..hehehe..

Selain mangut ikan Pe, lauk tambahan yang tersedia disini antara lain opor ayam tahu telor, mangut ikan lele, cumi oseng cabai hijau, koyoran sapi mercon, telur dadar bumbu, ayam goreng, dan berbagai jenis gorengan tambahan seperti tahu udang, tempe tepung atau bakwan jagung. Manteb kaaaan.. Ga jarang saat tenda warung ini baru buka, udah ramai diserbu para ibu-ibu yang kadang cuma membeli lauknya aja..hehehe...

Waktu itu ayah Sakha pengen lauk mangut ikan Pe, sedangkan saya memilih lauk koyoran sapi yang super pedas, kalau Sakha dibelikan opor ayam aja..hohoho.. Sampe rumah kami ga sabar buat maem..nyam nyam nyam.. Sayang banget juga kami ga sempat foto-foto, cuma nemu foto ini aja nih.. itu aja fotonya kepaksa karena saya berniat pamer ke ibu kalau saya udah doyan makan berkat nasi megono ini..wkwkwk..
Penampakan sego megono lauk koyoran plus tempe
Gimana rasanya sego megono? Ueanaaaaak menurut saya. Mengobati rasa kerinduan saya akan makanan ndeso..hehehe.. Yes, kapan hari saya pengen banget jangan buntil sama lodeh kates tapi belum keturutan. Rasa nasi megono ini cenderung ke asin gurih. Nah lauk koyoran sapi mercon ini membuat rasa nasi megono jauh lebih sempurna. Mantab banget pedesnya si koyoran ini. Sebenernya apa sih koyoran ini? Koyor ini sejenis urat sapi, teksturnya kenyil-kenyil gitu kayak kikil atau cingur. Masaknya dibumbu mercon alias bumbu pedas, manteb banget dah.. Saya habis dua bungkus nasi megono lauk koyor! Superrrr.. Megono sukses membuat saya semangat makan lagi.. :D

Trus saya juga sempat ngicip sedikit mangut ikan Pe sama opor ayamnya, rasanya juga enak menurut saya. Tapi tetep aja perpaduan nasi megono plus koyoran sapi bumbu pedas ini yang paling pas menurut saya..hohoho..

Alhasil, dalam seminggu.. eh bahkan sampe dua minggu selanjutnya, tiap malam menu makanan favorit saya adalah nasi megono ini. Yessssss.. selama dua minggu berturut-turut saya selalu beli nasi megono, tapi kadang saya variasikan lauknya. Ini khusus saya lho, yang lagi hamil dan susah makan ini..hehehe.. Sakha sama ayahnya bebas makan menu lain..wkwkwk.. 

Hasilnya si ibu penjual sampe hafal muka saya, saya juga cerita kalau saya lagi hamil dan susah maem. Saat selesai makan nasi megono saya ga muntah-muntah, kalau makan menu yang lain langsung dimuntahin.. Jadinya ya mending makan nasi megono terus tiap malam.. :D Ibu penjual juga cerita kalau beliau menjual nasi megono ini awalnya karena kangen sama masakan ibunya tapi beliau ga bisa mudik ke Pekalongan, akhirnya beliau masak sendiri trus banyak tetangga yang ngicip dan suka. Akhirnya dijuallah nasi megono ini..

Yuhuuu, saya dan ayah Sakha juga ga lupa mempromosikan nasi megono ini ke temen-temen kantor. Hasilnya ada juga temen yang ketagihan makan nasi megono ini. Buktinya setiap malam dalam seminggu ada aja temen kantor yang beli disitu..hehehe.. Rata-rata temen kantor saya asalnya dari Jawa Timur, jadi cocok banget sama cita rasa nasi megono yang asin gurih pedas.. :D

Nah, semakin penasaran kan dengan nikmatnya nasi megono di Warung Sego Megono. Sudah bosan kan kalau nangka muda di Jogja hanya dijadikan gudeg aja? Disini nangka muda diolah jadi masakan lain. Nah tunggu apa lagi, yuk sore ini cuzz icipin nasi megono khas Pekalongan yang bisa dinikmati di kota Jogja.. Oh ya kalau pengen tau tentang update an terbaru tentang nasi megono ini, bisa kepoin instagramnya di @warung_sego_megono.. hohoho..

Makasih sudah mampir di blog saya yaaa.. Se yaaaa.. ^_^

2 komentar:

Follow Me @granitprihara