Kamis, 30 Juni 2016

# cerita mudik # mom & kids

Saat Si Kecil Mudik dengan Mobil, Apa yang Musti Disiapkan?


Ga terasa lebaran tahun ini udah mau datang lagi. Saatnya menjalankan ritual setahun sekali yaitu mudik. Mudik kali ini berbeda dengan mudik tahun lalu. Kalau tahun lalu keluarga kami mudik naik kereta api. Sekarang kami akan mudik naik mobil. Saya dan suami mengambil cuti kerja sekitar 2 minggu, karena memang mudiknya jauh jadinya kami ngambil cuti panjang. Kurang lebih rute perjalanan selama 2 minggu itu adalah seperti ini : Jogja - Blitar - Probolinggo - Malang - Blitar - Jogja :D

Baca : Jadi Beli Rumah Dulu atau Mobil Dulu?

Sudah pada tau kan kalau Jogja - Blitar itu ga dekat. Jogja ada di Jawa Tengah sedangkan Blitar ada di Jawa Timur. Naik kereta kira-kira memakan waktu 7 jam, apa kabar kalau naik mobil ya? wkwkwk.. Kira-kira waktu perjalanannya bisa sampe 8 jam kalau normal, belum macetnya. Gimana tuh 8 jam perjalanan di mobil bareng anak seumuran Sakha yang pastinya gampang bosen banget. Apa yang perlu dipersiapkan ya?

1) Mainan Kesayangan
Untuk mudik ini jangan lupa untuk membawa mainan kesayangan anak. Selain bisa dimainkan di tempat tujuan, juga bisa dimainkan di perjalanan supaya anak ga bosan. Ga usah banyak-banyak bawanya, nanti bagasinya ga muat..hehehe. Mainan Sakha yang saya bawa adalah 4 buah buku kecil tentang hewan, transportasi, angka dan buah. Selain itu tak lupa saya membawa busy book, lego dan mainan boneka jari. Untuk mainan ini tempatkan di tas tersendiri yang mudah dijangkau anak-anak.

Baca : Buku Pertama Sakha Kayak Gimana Ya?

Baca : Custom Busy Book Untuk Sakha

2) Lagu Favorit
Karena mendownloadkan Sakha lagu di internet adalah hanya sekedar wacana (maafkan Nak, ayah dan ama mu sok sibuk T_T), akhirnya khusus untuk event mudik ini saya membeli CD kumpulan lagu-lagu anak PAUD. Saya beli langsung 2 CD, karena emang lagu-lagunya favorit Sakha semua. Dengan adanya lagu favorit ini kita bisa ajak anak nyanyi bareng waktu dia bosen di jalan.

3) Camilan Favorit
Untung aja mudik ini di bulan puasa, jadi saya hanya perlu memusingkan urusan perut Sakha. Bawalah cemilan yang praktis dan ga berbau. Cemilan favorit Sakha yang saya bawa adalah koko crunch, puding, fitbar atau belvita, dan buah. Saya juga membawa roti supaya lebih mengenyangkan. Oh ya jangan lupa bawa air putih juga ya. Sebaiknya untuk camilan ini juga ditaruh di tas terpisah supaya gampang dibuka. Untuk puding dan buah tadi saya taruh di cooler bag.

BacaFitbar, Solusi Ngemil Tetap Sehat dan Enak

Baca : Belvita Breakfast, Solusi Sarapan Tanpa Ribet

Baca : Pentingnya Buah-buahan Ini Untuk Si Kecil

4) Bantal Selimut
Supaya anak tetap bisa bobok nyenyak di mobil, pastikan untuk membawa peralatan tidur yang biasa dia pakai. Saya hanya membawa bantal kecil dan selimut untuk Sakha, karena emang dia ga pernah mau pakai guling. Selimut bisa dipakai saat di dalam mobil dalam keadaan dingin karena AC terus-terusan nyala.

5) Obat
Walaupun kita ga menginginkan anak sakit di waktu mudik, tapi ga ada salahnya bawa perlengkapan obat-obatan untuk pertolongan pertama. Misalnya : plester, betadine, obat panas, minyak tawon, termometer, obat mata, dan vitamin.

6) Toiletries
Selalu bawa toiletries anak ya saat mudik. Walaupun di tempat tujuan mudik si sabun atau shampoo anak udah tersedia karena dibelikan eyang uti tercinta, tapi kalau kita butuh toiletriesnya waktu di jalan gimana. Masak mau beli dulu? :D. Yup toletries ini terpakai saat kita mampir di kamar mandi pom bensin sekedar untuk anak pipis, pup atau cuci muka. Tempatkan toiletries ini di tas kecil yang anti air supaya gampang dibawa.

7) Gendongan
Kenapa gendongan ini dibawa? Ya karena di rumah tempat mudik ga ada gendongan..hehehe. Walaupun Sakha udah ga terlalu antusias lagi untuk minta gendong, tetep aja saya bawa soalnya siapa tau pas jalan-jalan dia rewel karena ngantuk. Langsung deh digendong biar bobok nyenyak. Alasan kedua ya kita membutuhkan gendongan karena ga punya stroller :p

Baca : Gendongan Nyaman Sejuta Emak

9) Baju Ganti & Diapers
Untuk mudik ini, baju Sakha saya pisahin ke 2 tas. Yang pertama masuk tas besar yang berisikan kumpulan baju-baju yang akan dipakai saat sampai tempat tujuan. Yang kedua masuk ke tas kecil yang bisa saya bawa kemana-mana. Isi tas kecil itu baju 2 pasang yang bahan kainnya nyaman, diapers, tissue basah dan minyak telon.

Baca : Lika-liku Diapers Sakha

10) Susu
Keuntungan Sakha mimik susu UHT adalah kepraktisannya itu. Saya ga perlu membawa termos air hangat untuk membuat susu formula. Susu UHT ini saya bawa 1 kardus besar, karena memang Sakha mudiknya lama pastinya butuh banyak susu. Kalau butuh susu tinggal ambil aja di kardus, ga usah beli lagi :)

Baca : Hai Susu, Akhirnya Kumenemukanmu!

Nah kurang lebih 10 hal di atas adalah hal yang perlu dipersiapkan waktu akan mudik membawa anak kecil dengan menggunakan mobil. Sebenarnya baby car seat masuk list juga khusus untuk bayi yang belum bisa duduk. Semoga dengan list di atas bisa membantu untuk para ibu-ibu yang bingung tentang persiapan mudiknya. Setelah semua list di atas siap, jangan lupa siapkan fisik dan mental anak. Kalau anak lagi ga enak badan, ga ada salahnya untuk mengkonsumsi vitamin supaya proses penyembuhannya berjalan cepat. Semoga mudiknya menyenangkan ya ibu-ibu... :)

Sumber Gambar :
Baby In Car : https://ecs7.tokopedia.net/img/cache/300/product-1/2015/5/15/399343/399343_c56f11fc-fb12-11e4-b9c3-bcc764efb121.jpg

1 komentar:

Follow Me @granitprihara