Kamis, 23 Juni 2016

# mom & kids

Pentingnya Buah-buahan Ini Untuk Si Kecil

Bukan rahasia lagi kalau buah-buahan adalah sumber vitamin dan mineral yang komplit. Buah-buahan sangat bermanfaat untuk kesehatan kita si orang dewasa dan tentunya juga sangat penting juga untuk pertumbuhan si kecil. Prinsip saya walaupun keluarga saya ga sempat makan sayur di suatu hari, tapi seenggaknya kami tetep makan buah sebagai sumber serat, vitamin dan mineral..hehehe.. Maklum sehari-hari saya ga sering masak untuk keluarga, seringnya cuma masak nasi dan beli lauk di luar. Jadi bisa dipastikan keluarga kami kekurangan asupan sayur. Tepatnya saya dan suami ya yang kekurangan, soalnya Sakha hari Senin sampai Jumat di daycare maem makanan dengan sayur yang cukup lengkap..hehehe..

Baca : Plus Minus Si Anak Daycare

Berbeda dengan suami saya yang agak rewel soal buah-buahan, kalau Sakha nyaris doyan segala macam buah. Ayah Sakha termasuk picky eater, doyan buah paling cuma seputaran apel, semangka, melon, pisang dan jeruk. Untuk jeruk inipun pake special case yaitu harus dikupasin..hehehe. Kalau Sakha ini kayaknya persis banget kayak saya, si tipe "nggragas" yang doyan makan semuanya..hahaha.. Kira-kira inilah buah-buahan yang paling Sakha doyan beserta manfaatnya :

Jeruk Santang
Setiap musim jeruk santang datang, saya selalu membelikan Sakha buah ini. Dalam sehari Sakha bisa ngabisin 4 sampe 6 buah jeruk ini. Apalagi Sakha udah bisa buka pintu kulkas sendiri, walaupun disembunyikan model apapun dia pasti sukses mengambilnya. Setelah sukses mengambil, diapun bersikeras untuk mengupas buah ini sendiri tanpa bantuan emak dan bapaknya. Saking semangat ngupas sampe matanya kecipratan air jeruk..hahaha..
Buah jeruk ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, yang dikenal sebagai anti oksidan yang baik, dan dapat membantu meningkatkan penyerapan zat besi yang berasal dari makanan lain. Selain itu buah jeruk dapat mencegah kanker, karena mengandung D-limonene yang dipercaya menurunkan resiko serangan berbagai jenis kanker, termasuk kanker kulit, paru-paru, mulut dan usus besar. Buah ini juga mengandung asam folat yang dipercaya berperan cukup penting dalam perkembangan otak.
Enaaak jeruknya
Buah Naga
Sebenernya buah naga ini adalah buat favorit emak Sakha. Jadi pas saya makan buah ini iseng-iseng saya juga nyuapin Sakha. Eh ternyata dia doyan banget, akhirnya setiap ada buah naga murah di pasar swalayan langsung deh emak Sakha cuzz beli. Buah naga favorit Sakha adalah yang berwarna merah. Mungkin karena warnanya yang "ngejreng" juga jadinya Sakha tertarik. Sakha suka banget makan buah naga yang udah dipotong kecil-kecil, jadi dia bisa ambil sendiri buah naganya pake garpu.
Buah naga mengandung zat-zat penting untuk tubuh, diantaranya protein, kalsium, mineral, fosfor, serat, lemak, besi, dan masih banyak lagi. Dengan berlimpahnya kandungan zat penting dalam buah tersebut, buah naga memiliki banyak manfaat, antara lain untuk meningkatkan daya tahan tubuh si kecil sehingga tidak mudah terserang penyakit, mampu meningkatkan kecerdarsan anak serta membantu perkembangan tulang. Buah naga juga bisa digunakan untuk mengobati panas dalam dan sariawan pada anak.
Asik belepotan

Pepaya
Ini adalah buah paling murah meriah. Di keluarga kami yang doyan buah ini ya cuma saya dan Sakha aja, ayah Sakha ga tertarik sama sekali. Sakha lebih doyan pepaya yang biasa daripada pepaya California. Setiap belanja buah, pepaya pasti masuk dalam daftar pembelian. Sama seperti buah naga, pepaya ini cukup dipotong kecil-kecil dan taroh ke wadah, biarkan Sakha ngambil pake garpu.
Buah pepaya memiliki kandungan nutrisi antara lain kalsium, ferrum, zat besi, protein, nitrat arang, potassium, selenium, vitamin A serta vitamin C. Manfaat buah pepaya yang paling kentara adalah membantu proses pencernaan, karena dalam buah pepaya terdapat senyawa karpain, yang sangat efektif untuk membunuh mikroorganisme-mikroorganisme jahat yang dapat mengganggu proses pencernaan.
Makan pepaya sampe merem melek
Karena pada setiap 100 gram buah pepaya terdapat 365 mg Vitamin A, dimana jumlahnya lebih tinggi daripada yang terdapat di buah wortel, buah pepaya ini sangat baik untuk kesehatan mata si kecil. Karena mengandung 23 mg kalsium, 2 mg zat besi dan 78 mg Vitamin C pada setiap 100 gram buah pepaya, maka buah ini juga bermanfaat dalam membantu perumbuhan tulang dan gigi si kecil.

Anggur Merah
Ini juga salah satu buah favorit emak Sakha. Tapi belinya pas waktu ada diskonan aja..hehehe..maklum harganya lumayan mencekik. Jadi harus rajin-rajin kepoin katalogpromosi.com untuk bandingin harga anggur di beberapa pasar swalayan. Pernah kapan itu dapet harga sekilo cuma 25 ribu, siapa yang gak bahagia coba.. :D Karena saya takut Sakha kesedak biji anggur, jadi penyajiannya cukup belah anggur jadi 2 lalu hilangkan bijinya trus masukin ke wadah. 
Anggur merah ini punya rasa unik dan manis, jadi setiap orang pasti betah berlama-lama makan anggur. Ternyata dibalik kemanisannya, anggur punya banyak manfaat antara lain membantu memberikan energi dalam tubuh, karena anggur mengandung banyak vitamin B. Selain itu dengan makan buah anggur dapat menjaga kesehatan mata dan dapat melindungi saluran pencernaan dari bakteri penyebab penyakit. Ayah Sakha mulai doyan sama buah ini, dengan syarat harus diilangi bijinya dulu biar sekali hap.. :D
Melase to le...
Apel
Siapa yang ga suka apel? Rasanya semua orang suka makan buah apel, apalagi yang berjenis apel Fuji. Rasanya yang manis dan segar membuat semua orang suka. Sakha juga demikian. Karena saya masih takut Sakha tersedak buah apel, jadi saya ngiris buah ini tipis-tipis aja biar Sakha gampang maemnya.
Buah apel kaya akan kandungan vitamin A, B1, B2, dan C. Buah apel juga mengandung beberapa mineral seperti kalium, kalsium, zat besi, fosfor, dan yodium. Semua nutrisi ini sangat penting bagi perkembangan anak, karena akan menunjang pertumbuhan tulang, jaringan otot, organ, kulit, dan darah. Selain itu, buah apel juga tinggi akan kandungan antioksidan yang berfungsi untuk menangkal bahan kimia berbahaya dan kanker. Antioksidan ini akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk menangkal bakteri dan virus.

Pisang
Sakha demen banget pisang yang kecil-kecil. Apa ya jenisnya saya agak lupa. Kayaknya jenis Pisang Mas. Pokoknya harganya 1 ikat itu sekitar 10 ribu, udah dapet banyak banget buahnya. Pernah sehari Sakha habis 5 biji pisang jenis ini. Kalau pas fruit day di kantor saya dapet pisang SunPride, pasti saya sisain buat Sakha. Dan ternyata dia doyan banget..hahaha..
Pisang mengandung tiga jenis gula alami, yakni sukrosa, fruktosa, dan glukosa, yang bisa memberi energi bagi anak untuk beraktivitas. Selain itu, pisang juga kaya kandungan potasium. Potasium memainkan peran dalam menjaga fungsi otak, terutama yang berkaitan dengan fungsi memori dan kegiatan belajar. Pisang cocok juga sebagai pengganti nasi ketika anak ga doyan makan saat sakit.
Maem pisang bersama tokek
Sebaiknya mengkonsumsi pisang ini dalam batas wajar, karena kalau berlebih malah bisa menimbulkan masalah sembelit pada anak. Sakha pernah juga sembelit gara-gara kebanyakan maem pisang..hehehe..

Jadi gimana..sudahkah kebutuhan buah si kecil terpenuhi? Jika belum, segera biasakan si kecil untuk suka makan buah. Karena memang banyak sekali manfaat yang didapat di dalam buah-buahan. Apabila memang si kecil ga suka makan buah, mungkin buah-buah segar tersebut bisa diolah menjadi jus, smoothies atau puding sehingga si kecil lebih tertarik. Cemunguuud.. :)


Sumber Gambar :
Kartun buah : http://images.gofreedownload.net/cartoon-the-fruit-facial-expressions-vector-187393.jpg
Jeruk santang : http://www.lovefood.com/images/content/body/mandarin%20orange%20.jpg
Buah naga : http://dedaunan.com/wp-content/uploads/2015/05/red-dragonfruit-min-300x200.jpg
Pepaya : http://obatkelenjartiroid.com/wp-content/uploads/2015/08/DKT-pepaya-274x300.jpg
Anggur merah : http://4.bp.blogspot.com/-OO6aO2Yb-oA/VW-9EhPEScI/AAAAAAAAAqM/cVcA4XkufVA/s1600/manfaat-dan-khasiat-buah-anggur-merah.jpg
Apel fuji : http://crayonscraft.com/wp-content/uploads/2012/06/apel-Fuji-kuning.jpg
Pisang mas : https://4.bp.blogspot.com/-_A8Op4LgwjI/Vz7EgJvNBQI/AAAAAAAANlQ/2uS5_o6cgsEzYWmjFaNUGv20Jgy2bMxBwCLcB/s400/pisang%2Bmas.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me @granitprihara