Sabtu, 14 Mei 2016

# diy toys # mom & kids

Permainan Murah Meriah : Meronce Sedotan


Halo berjumpa lagi pada rubrik Permainan Murah Meriah. Sebenernya ide dari permainan ini adalah dari Buku Rumah Main Anak. Saya akan mencari daftar permainan yang kebetulan bahan-bahan untuk membuatnya tersedia di rumah. Di postingan sebelumnya saya sudah sharing betapa senengnya Sakha main Petik Bola, yang bahan untuk membuatnya hanya membutuhkan bola warna-warni dan lakban saja.


Maaf banget karena di postingan sebelumnya saya sudah pernah janji untuk mereview buku Rumah Main Anak, tapi sampai sekarang belum direview (bow). Karena saya belum pernah mereview buku, jadi harus bikin draftnya dulu..sabar ya...hehehe.. Ya intinya Buku Rumah Main Anak ini recommended banget untuk dimiliki para mommy.. :D

Oke, sekarang saya akan bikin mainan apa ya? Kebetulan saya punya sedotan yang ga terpakai. Saya langsung buka buku Rumah Main Anak dan mencari kira-kira mainan apa yang bisa saya bikin dari sedotan. Muncul lah permainan Meronce Sedotan. Lebih lengkapnya bahan apa aja sih yang dibutuhkan? Dan gimana cara membuatnya?

Bahan :
  1.  Sedotan warna warni, saya memakai 6 warna
  2. 6 buah tusuk sate
  3. Kardus besar bekas Choco Chips atau Koko Crunch
  4. Cat Air
  5. Kuas
  6. Wadah kecil
Cara membuat :
  1. Warnai tusuk sate sesuai dengan warna sedotan menggunakan kuas dan cat air. Saya menggunakan warna merah, kuning, biru, pink, hijau dan cokelat. Biarkan tusuk sate mengering.
  2. Tancapkan tusuk sate ke kardus bekas. Kalau bisa jarak antara satu tusuk sate dengan yang lainnya jangan terlalu dekat.
  3. Potong masing-masing sedotan menjadi 3 bagian. Ya intinya potongan sedotan ga terlalu kecil dan ga terlalu besar.
  4. Masukkan potongan sedotan ke dalam wadah kecil.
Taraaa, jadi deh. Gampang banget kan bikinnya. Trus gimana dong cara mainnya? Cara mainnya simple aja kok, minta sang anak untuk memasukkan potongan sedotan ke dalam tusuk sate yang sudah ditancapkan ke kardus. Kalau anak sudah mengerti jenis-jenis warna, minta anak untuk memasukkan sedotan ke dalam tusuk sate yang warnanya sama dengan sedotan.

Dari permainan ini banyak manfaat yang bisa didapat, antara lain :
  1. Melatih motorik halus anak
  2. Melatih koordinasi mata dan tangan
  3. Melatih ketelitian dan kesabaran
  4. Melatih pengenalan warna
Reaksi Sakha pas main ini dia sempat kebingungan. Mungkin dia pikir "Ini sebenernya apa sih kok kecil-kecil warna warni". Setelah saya minta dia untuk masukin sedotan ke dalam tusuk sate, baru deh dia paham. Dia penasaran banget pengen cepet-cepet masukin sedotan ke tusuk satenya. Dia happy banget setelah berhasil mengisi penuh satu tusuk sate dengan beberapa potong sedotan.
Ada yang lagi serius nyusun sedotan
Tapi mainan ini ga bertahan lama. Jadi kayaknya sedotan yang saya pakai ini terlalu kecil buat Sakha, jadinya dia kesulitan. Akhirnya dia bosen deh karena sedotannya susah masuk ke tusuk sate, alhasil sedotannya disebar..hahaha.. Tusuk satenya pun dicopot dari kardusnya... :D

Ya ga papa deh, lain kali kita main lagi ya Sakha. Kalau Sakha tambah gede harusnya dia bisa mengerti arti kesulitan hidup ya (apa sih :|). Harusnya saya pake sedotan yang agak besar pas bikin mainan ini. Oh ya karena Sakha udah cabut tusuk satenya, jadinya saya bisa memperkenalkan prinsip benda lancip dan tumpul. Seru dah..

Sekian sharing saya tentang mainan murah meriah kali ini. Kalau mommy-mommy di rumah punya stok sedotan yang banyak, ga ada salahnya untuk membuatkan mainan ini untuk sang buah hati. Ternyata dari sedotan, banyak manfaat yang didapat ya.. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me @granitprihara