Jumat, 10 Agustus 2018

# birthday / anniversary

Selamat Umur Empat Tahun Sakha!

 
Hari ini Sakha tepat berumur empat tahun. Sama seperti ulang tahun yang lalu-lalu, alhamdulillah tahun ini kami bisa berbagi lagi. Nah di tahun ini Sakha udah sekolah di Kelompok Bermain alias Play Grup. Sakha antusias banget ketika melihat temen-temen sekolahnya pada ngerayain ulang tahun. Sakha juga pengen tiup lilin di sekolah gitu katanya..

Nah acara tiup lilin di sekolah ini sebenernya sudah jadi rencana saat Sakha ultah yang kedua dan ketiga lalu. Tapi sayang semua menjadi wacana karena kondisinya ga memungkinkan. Ada aja cobaan yang datang..hehehe.. Dua tahun terakhir ini bulan Juli - Agustus menjadi bulan terberat karena Sakha pernah kena musibah jatuh dari motor trus juga pernah di opname di RS.



Tahun ini alhamdulillah banget untuk pertama kalinya Sakha bisa tiup lilin di sekolah..horee.. Sakha semakin pengen merayakan ulang tahun ketika melihat temannya tiup lilin kue bergambar PJ Masks. "Ama, Sakha nanti mau tiup lilin kue yang gambarnya Super Wings", gitu katanya. Oke Sakha doakan Ama dan Ayah punya rejeki ya..

Persiapan ultah Sakha kali ini udah saya lakuin di akhir bulan Juli. Saya membeli tas pembungkus snack, souvenir dan perlengkapan potong kue secara online di Shopee. Selain free ongkir, bisa pake shoback juga biar dapet cashback yang bisa ditarik ke rekening. Lumayan banget kan..


Karena Sakha pengen tiup lilin kue gambar Super Wings, otomatis tema ulang tahun kali ini adalah Super Wings..wohooo.. Saya pengen cari tas pembungkus snack alias goodie bag bergambar Super Wings. Syukurlah nemu di Shopee. Barangnya udah ready jadi ga pake sistem PO. Langsung cuzz dah beli. Pas nyampe, ternyata tasnya lucu, materialnya tebal, sablonannya halus, plus ukurannya ga terlalu besar..  😍
Tas pembungkus snack
Tahap berikutnya adalah membeli souvenir. Sebelumnya bingung banget mau kasih souvenir apa. Kepikiran gimana kalau dikasih surprise egg atau surprise ball yang isinya mainan kecil-kecil. Kan lucu tuh, sensasi membukanya bikin deg-degan si kecil. Tapi takutnya souvenirnya ga tepat sasaran, jangan-jangan temen Sakha yang cewek malah dapat mainan untuk anak cowok. Oke, pilihan surprise egg dicoret..

Bulan Juli lalu, Sakha masuk sekolah baru dengan bunda dan yahnda pengajar yang sama. Otomatis semua peralatan sekolah Sakha semua serba baru. Sakha juga dapet tas dari sekolah, kebetulan di tas itu ga plastik untuk nempatin label nama siswa. Ah jadi kepikiran gimana kalau souvenir ultah Sakha tuh label nama untuk tas aja. Jadinya bikin tas ga ketuker saat di sekolah, kan bisa dinamain. Pas tanya pendapat ayah Sakha, beliau setuju.. Horeee..

Cari-cari name tag tas di online shop malah nemunya tag koper alias luggage tag. Ya udah deh gak papa, toh itu juga bisa dicantolin di tas..hehehe.. Saya sengaja pesen banyak motif dengan warna yang netral supaya bisa dipakai teman Sakha baik yang cowok maupun yang cewek. Setelah barangnya nyampe, ternyata emang motifnya lucu plus materialnya terbuat dari karet yang kuat.

Tapi waktu itu saya melakukan kebodohan, saya udah terlanjur confirm transfer dana ke penjual tanpa ngecek lebih detail barang yang saya terima. Bener saya pesen luggage tag yang warna putih, tapi saya pesen yang motifnya England bukan yang Paris. Yang datang malah yang Paris dong, mana ada gambar botol wine disana..huhuhu.. ga proper buat souvenir anak kecil..
Souvenir ultah
Ya udah deh, beberapa hari menjelang hari H saya pesen souvenir luggage tag lagi tapi di toko online yang berbeda. Nemulah motif England, Minion dan Rilakkuma, melengkapi motif Bus, Pesawat dan Kincir Angin yang sudah dibeli sebelumnya. Sempat deg-deg'an juga takut souvenirnya datang setelah hari H, ternyata H-2 paketan sudah datang.

Tas dan souvenir sudah di tangan, selanjutnya mari memikirkan isi tasnya. Rencananya tas akan diisi snack dan nasi kuning. Seperti tahun-tahun lalu, saya masih mempercayakan membeli snack di Lotte Mart. Lumayan bisa dapet harga grosir kan ya. Awal bulan Agustus kami belanja ke Lotte Mart, Sakha demen banget karena dia bisa melihat kendaraan pengangkat box kardus, mirip kayak Lifty yang ada di Robocar Poli..hehehe..

Baca : Pengalaman Pertama Berbelanja di Lotte Mart Jogja

Untuk ultah tahun ini saya memilih snack yang ukurannya ga terlalu besar, mengingat tas pembungkusnya yang ga terlalu besar juga. Berikut isian snacknya : 
  • Susu uht indomilk
  • Roma maklist
  • Beng-beng
  • Slai Olay
  • Oreo soft cake keju
  • Nissin wallens
  • My jelly
Snack sudah kebeli, saatnya memasukkannya ke dalam tas. Rencananya emang snack dimasukin duluan, baru nanti ditumpangi nasi kotak di atasnya. Saya minta bantuan Sakha untuk masukin isi snack ke dalam tas. Eh tapi Sakha malah semangat untuk menata jelly nya. Jadi tiap tas diisi empat buah jelly, tapi ga boleh sama warnanya. Sakha demen banget main kombinasi warna jellynya, saya tinggal masuk-masukin ke tasnya..hoho.. Proses masukin snack ke tas ini cepet banget lho. Ga ada setengah jam udah kelar, karena kan emang tinggal cemplang-cemplung. Ga ada agenda bungkus membungkus pake plastik dan tali menali pake pita soalnya..hoho..senangnya..
Sakha bantuin menyortir jelly
Snack udah masuk tas, mari kita order nasi kuningnya. Saya dapet rekomendasi penjual bento nasi kuning dari dua wali murid. Kebetulan ada dua tempat yang berbeda. Tempat yang pertama ga bisa terima order tanggal 10 Agustus, akhirnya ke tempat yang kedua. Alhamdulillah bisa! Nama instagramnya @bentotumpengkarakterjogja, ownernya ramah dan fast response. Pas saya tanya apa bisa bikin karakter Jet Super Wings, langsung bilang bisaaa padahal sebelumnya belum pernah bikin..hehehe.. Dan ternyata hasilnya lucuuuuk.. 😍
Bento Super Wings
Untuk kue ulang tahun Sakha, saya cari toko kue di instagram pake fitur hashtag. Nemu juga toko kue yang jaraknya dekat dari rumah. Lihat testimonialnya kok memuaskan. Pas saya liat instagramnya, beliau juga pernah bikin kue tart dengan karakter Super Wings..wow! Langsung saya contact pihak @viendscake. Kue tart saya ambil H-1 malam hari.
Kue tart Super Wings
Untuk perlengkapan ulang tahun lain seperti piring kertas, sendok, lilin dan banner ultah saya order lewat Shopee, untungnya bisa datang sebelum hari H. Karena ga nemu piring kertas bergambar Super Wings, akhirnya order yang karakter Cars aja..mirip-mirip matanya.. :p

Horeeee..hari H telah tiba. Jauh-jauh hari saya dan ayah Sakha udah submit cuti empat jam di tanggal 10. Hari itu bento nasi kuning datang jam 08.00. Langsung saya dan Sakha menata nasi itu ke dalam goodie bag. Oh ya tahun ini saya ga minta tolong ke kakak saya untuk membuatkan label ultah karena dari tempat bentonya udah disediakan label ultah yang ditempel di boxnya. Cool! Tambah kaget juga karena nasi kuning, mie goreng dan kering tempe yang sisa tuh dikasihkan ke customer. Lumayan banget bisa buat sarapan kan..hehehe..
Box bento nasi kuning & label
Rencananya sebelum tiup lilin di sekolah Sakha, kami mau ater-ater goodie bag dulu ke beberapa tetangga dan beberapa teman kerja yang rumahnya ga jauh dari tempat tinggal kami. Kalau tahun-tahun lalu kan ater-ater nya sepulang kerja, sekarang pagi aja biar ga kemrungsung. Eh sebelum ater-ater kami foto lengkap dulu bersama banner happy birthday, takutnya nanti di sekolah ga sempat foto bareng..hehehehe..
Happy birthday Sakha!
Ternyata ater-ater di pagi hari tetap kemrungsung juga, karena menata goodie bag dan kue tart di mobil itu tidaklah mudah. Mana bawaan kami kan segambreng tho! Saya musti bawa tas kerja dan cooler bag buat nyimpan ASIP, ayah Sakha bawa laptop, Sakha bawa tasnya dan Sakhi bawa tas isi baju plus cooler bag juga. Dan setelah perjalanan yang panjang, akhirnya kami nyampai juga di sekolah Sakha. Acara tiup lilin pun dimulai sekitar pukul 10.00. padahal kami cuma cuti sampe jam 11.00..hehehehe..

Baca : Ekspektasi vs Realita : Peralatan ASIP Sakha

Ternyata acara tiup lilin di sekolah Sakha ga makan waktu banyak. Sebelum tiup lilin dimulai, teman-teman Sakha diminta sukarela maju untuk menyanyikan lagu. Lucu banget, yang cewek menyanyikan lagu "Selamat Ulang Tahun", sedangkan yang cowok menyanyikan lagu "Balonku Ada Lima". Acara dilanjutkan dengan doa, lalu menyanyikan lagu "Selamat Ulang Tahun dan Tiup Lilinnya" lagi bersama-sama. Sakha super happy. Setelah selesai bernyayi Sakha langsung meniup lilin. Dia tersipu malu gitu. Lucu banget..
Tiup lilin
Acara berikutnya adalah memotong kue. Bunda guru yang membantu memotongkan kue, karena saya riweh gendong Sakhi sedangkan ayah Sakha sedang mengambil foto. Saat ditanya "Sakha, potongan kue yang pertama ini untuk siapa?". Sakha jawab "Untuk Dewa, bunda"..hahaha.. langsung ngakak saya. Dewa ini adalah nama temennya Sakha di PG Setelah ditanya sekali lagi, baru Sakha bilang kalau potongan pertama untuk Ama..wkwkwk..terimakasih ya Nak..

Pas ngicipin kuenya ternyata enak banget menurut saya. Ayah Sakha juga bilang gitu. Butter krimnya ga bikin serik sama sekali. Sakha dan temannya juga pada nambah kuenya..hehehe.. Jam sudah mendekati pukul 11.00. Saatnya balik bekerja. Sebelumnya kami harus mengantar Sakhi ke daycare dulu. Sebelum pamit kami meminta tolong bunda guru untuk membagikan goodie bag kepada teman-teman Sakha. Terimakasih bunda guru sudah membantu..

Baca : Plus Minus si Anak Daycare

Sekian cerita panjang tentang acara ulang tahun Sakha yang keempat. Semoga bisa dijadikan inspirasi ya. Pembaca di area Jogja misal butuh bento, nasi tumpeng atau kue tart bisa contact ke instagram yang udah saya share di atas tadi. Kalau pengen menghemat budget, tenaga dan waktu, beli peralatan ultah secara online bisa dijadikan alternatif lho. Sekarang banyak market place yang menyediakan fitur free ongkir. Kita juga ga perlu repot-repot datang ke toko alat pesta sambil membawa si kecil..hehehe..

Baca : Gemar Belanja Online, Salah Kah?

Akhir kata, selamat ulang tahun anak pertamaku Rafasya Primahdi Sakha. Semoga tumbuh sehat, sholeh, santun, ceria dan bisa memberikan manfaat untuk lingkungan sekitar. Semoga Ama mu ini juga bisa semakin sabar hari demi hari. Welcome effing fantastic four!


Sumber gambar :
Decoration : https://ae01.alicdn.com/kf/HTB1a54oiOqAXuNjy1Xdq6yYcVXaj/1set-Happy-Birthday-Party-Super-Wings-Decoration-Cupcake-Toppers-Baby-Shower-Supplies-Kids-Favors-Cartoon-Cake.jpg_640x640.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me @granitprihara