Sabtu, 20 Agustus 2016

# mom & kids # review

Hai Susu, Akhirnya Kumenemukanmu!


Setelah selama hampir 2 tahun saya menyusui Sakha, waktunya saya sebagai seorang ibu mengikhlaskan untuk melepaskan predikat "busui". Sakha sudah tidak mimik ASI lagi karena disapih, jadi waktunya saya mencari susu pengganti ASI. Sebenarnya minim susu bukan suatu keharusan untuk anak. Tapi kan masa anak-anak adalah masa bertumbuh kembang, banyak membutuhkan zat-zat penting seperti kalsium, protein dan vitamin. Dan sumber zat-zat penting tersebut yang paling cepat diserap tubuh adalah susu. Jadi ga ada salahnya kalau orang tua memberikan anaknya susu.

Baca : Cerita Menyapih Sakha tanpa Drama

Tapi mau susu yang mana? Banyak banget jenis-jenis susu di iklan-iklan. Pasti ibu-ibu semua pernah mengalami kebingungan dalam memilih produk susu. Dulu setelah masa ASI eksklusif Sakha 6 bulan saya pernah ngasih Sakha susu formula. Itu untuk dibawakan di daycare, untuk njagani kalau 5 botol ASIP yang saya bawakan kurang. Saya pernah coba merk sufor dari yang murah sampai yang mahal, tapi ga ada hasilnya. Sakha ga doyan sufor dan tetep aja dia antusias nenen ke emaknya langsung. 

Saat Sakha berumur kira-kira 14 bulan saya move on ke susu UHT. Alasan lengkapnya saya move on ke susu UHT mungkin akan saya jelaskan ke postingan yang lain. Ya intinya menurut saya susu UHT lebih praktis aja daripada sufor dan tentunya bebas pengawet, karena menggunakan teknologi Ultra High Temperature. Susu UHT yang saya kenalkan ke Sakha adalah merk Ultra Mimi. Untuk testingnya saya membeli Ultra Mimi eceran semua rasa, yaitu Full Cream, Strawberry, Cokelat dan Vanilla. Sudah bisa ditebak kan Sakha suka yang rasa apa? Yoaaaa..rasa cokelat. Langsung deh saya beli satu kardus besar untuk stok Sakha.
Susu UHT pertama Sakha
Di bagian kemasan susu Ultra Mimi ini ada tulisan : Untuk anak usia 2-6 tahun. Kenapa di saat Sakha belum tepat umur 2 tahun udah saya kenalin sama susu ini? :D Saya pernah baca di artikel, sebenarnya susu UHT udah boleh dikenalkan ke anak di atas umur 1 tahun. Tulisan 2 tahun ini karena pihak Ultra Mimi mendukung gerakan ASI Eksklusif 2 tahun. Sakha minum susu UHT ini juga buat njagani kalau ASIP yang saya bawakan di daycare ga cukup. 

Kembali ke cerita pasca penyapihan Sakha. Setelah disapih saya juga tetep ngasih Sakha susu UHT Ultra Mimi Cokelat ini namun dengan kuantitas lebih banyak. Karena sebelumnya saya ga pernah tau secara langsung Sakha mimik susu UHT, karena Sakha mimiknya pas di daycare, saya heran ngelihat Sakha mimik susu ini dengan ga antusias. Jadi sekali nyedot, dia main-main, trus nyedot lagi sedikit, sambil "gedek-gedek". Entah maksudnya apa..hahaha.. Ya intinya saya menilai Sakha ga terlalu doyan sama susu ini. 

PR mencari susu UHT yang cocok buat Sakha pun dimulai. Apapun merknya ga papa asal Sakha senang, tapi tetep aja emaknya menghindari merk Chilgo karena emang mahal..hehehe.. Pas saya ke Indomaret saya ambil sampel susu UHT satu-satu. Mulai dari merk Dancow, Milo, Indomilk Kids, Vidoran Kids sampai Frisian Flag Kid. Saya tetap memilih rasa cokelat karena emang Sakha ga doyan rasa yang plain atau vanila. Dulu pernah saya cobain dan dia hampir muntah, kayak mual gitu.

Dari merk-merk di atas Sakha paling antusias dengan susu UHT Vidoran Kids rasa cokelat. Pas dia minum itu langsung "cleguk-cleguk" dengan penuh semangat, tanpa pake jeda main-main dulu atau pake ditaruh dulu trus mimik lagi. Satu kotak kecil susu UHT ukuran 115 ml langsung habis dalam waktu 1 menitan, ga pake tanda-tanda eneg atau pengen muntah. Wah senangnya.. :D akhirnya Sakha menemukan susu yang dia suka. 

Pas saya icipin emang susu ini rasa cokelatnya ga terlalu strong, trus rasa susunya juga ga eneg. Mungkin itu yang bikin Sakha suka. Selain itu susu ini punya design kemasan yang menurut saya oke, colorfull dan gampang diingat anak. Dengan latar kemasan bergambar Shaun the Sheep, Sakha menyebut susu ini susu "Embek"..hahaha.. Pas dia mau minta susu ini lagi selalu bilang "Amaaa..tolong ambilkan susu gambar embek".. :D
Susu embek Sakha
Selama ini saya membeli susu ini di dua tempat yang berbeda secara ecer. Pertama adalah di Indomaret, pas ada promo beli 2 gratis 1, langsung saya muterin gerai-gerai Indomaret di daerah saya untuk beli susu ini. Jatuhnya hargra per pcs nya Rp. 2.200. Lumayan murah. Pas promo di Indomaret ini habis, saya beli susu ini di Pamella supermarket, harganya Rp. 2.500. Kadang kalau beruntung ada promo beli 4 gratis 1..hoho.. :) Lumayan tetep bisa mengirit..

Setelah Sakha menemukan susu yang cocok, akhirnya saya barulah kepo apa aja sih komposisi yang ada di susu Vidoran ini. Selain banyak mengandung vitamin dan mineral, susu ini juga mengandung Cod Liver Oil alias minyak hati ikan Cod. Minyak ikan ini banyak mengandung omega 3 yang tentunya sangat baik untuk pertumbuhan anak. Walaupun di labelnya ada tulisan untuk usia 3 - 12 tahun tapi ya gimana lagi, Sakha udah cucok sama susunya. Bismillah aja.. :)

Bagi ibu-ibu yang lagi pusing mencari susu UHT yang cocok untuk anaknya, mungkin susu UHT Vidoran Kids ini bisa dijadikan pilihan. Alhamdulillah setelah minum susu ini Sakha ga ada tanda-tanda alergi. Semoga cocok juga untuk ananda ibu-ibu yang lain ya.. :)

Update 2017 :
Karena di Jogja susu embek alias susu vidoran kids ini termasuk langka, akhirnya saya coba tawarin Sakha susu UHT merk lain. Ya gimana ga langka, pernah kami kesulitan cari susu ini di Lotte Mart, Pamella, Indomaret, Carrefour dan Hypermart. Akhirnya saya iseng tawarin Sakha susu UHT Indomilk Kids bergambar Boboi Boy, kebetulan waktu itu Sakha lagi gandrung banget sama karakter Boboi Boy ini. Helm plus pernak pernik ultah ketiganya bertemakan Boboi Boy lho.. :p

Baca : Serba Serbi Ditinggal Suami Dinas Ke Luar Kota

Baca : Selamat Ulang Tahun Keiga Sakha

Untungnya Sakha mau nyoba susu Indomilk ini. Sakha pilih yang rasa cokelat. Trus pas nyoba ga ada efek eneg atau gimana. Sakha bilang enak. Jadinya saya sounding aja kalau susunya dia ganti susu Boboi Boy..hohoho..
Susu favorit Sakha sekarang
Saya tentunya lebih seneng karena harga susu Indomilk ini lebih murah timbang susu Vidoran. Per pcsnya dihargai Rp. 2.150 di Pamella Jogja. Beberapa kali pas kami beli di Transmart atau Carrefour pernah dapet harga Rp. 1.940 per pcsnya..huwooww tambah murah kan. Langsung deh borong sekardus..hoho..
Sakha dan boboi boy
Semoga cocok terus ya Sakha susunya, semoga cocok juga untuk jagoan ibu-ibu yang lain.. :)


Sumber Gambar :
Susu Cair : http://blogmedia.web.id/wp-content/uploads/2014/09/susu-uht-susu-formula.jpg
Ultra Mimi : http://www.boneprice.com/p/ULTRA-mimi-Susu-UHT-Coklat-125Ml-b20rl
Vidoran Kids : http://www.klikindomaret.com/product/susu-cair-kids
Indomilk kids : https://s4.bukalapak.com/img/4388397712/w-1000/Indomilk_UHT_Kids_115ml_all_flavor.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me @granitprihara