Sabtu, 26 Juli 2014

# pregnancy

Mau Lahiran Di Rumah Sakit Mana???

Pertanyaan itu sering ditanyakan ibu saya, mau lahiran di rumah sakit mana? Budi Rahayu, Mardi Waluyo, Aminah atau Syuhada Haji?? Maklum di blitar cuma ada 4 rumah sakit itu aja..hehehe.. It's time to survey..tanya-tanya ke temen-temen tentang pengalaman mereka pas lahiran dulu.

Sebelum pulang kampung ke blitar untuk cuti melahirkan, saya banyak contact temen-temen yg kebetulan baru lahiran. Rata-rata mereka merekomendasikan RSK Budi Rahayu. Selain itu saya juga tanya ke sodara-sodara saya siapa tau ada temannya yg punya pengalaman lahiran di beberapa rumah sakit tersebut. Mereka rata-rata juga bilang ke RSK Budi Rahayu saja, walaupun rumah sakit swasta tapi pelayanannya bagus, daripada rumah sakit sebelah yg perawatnya kurang sabar lah, dikit-dikit langsung operasi cesar lah, yg babynya dikasih sufor lah. Saya tidak menyebutkan lho RS yg mana..hehehe.. ga ada maksud menjelekkan dan merekomendasikan salah satu RS tsb, ini hanya sekedar pengalaman dan sharing saya saja.. (peace...:)

Karena saya saking penasarannya ttg perkataan temen-temen, setiba di blitar saya dan mas langsung survey ke RSK Budi Rahayu. Kalau ga salah hari jumat siang. Datanglah kami ke RS, setelah parkir motor saya dan mas langsung ke bagian informasi untuk menanyakan kalau kita mau survey kamar dan tanya2 kalau mau lahiran disini itu gimana? Mas resepsionisnya ramah bener, dia bilang sebenernya ke bagian KIA, tapi karena KIAnya lagi tutup jadi langsung ke Paviliun 1 aja, tanya bidan yg lagi jaga disana. Setelah mas resepsionisnya ngasih petunjuk arah Paviliun 1, kami langsung tancap kesana.

Sampe Paviliun 1 kami lgsg menemui bidan jaga. Bidannya ramah bener. Kami menceritakan maksud kedatangan kami. Rencana kami akan melahirkan ke rs ini. Semua hal yg ingin saya tanyakan untungnya udah saya catet. Saya tanyakan semua yg pertanyaan-pertanyaan tsb. Bidannya menjawab dengan ramah banget..hohoho.. Jawaban dari point yg saya tanyakan sangat memuaskan sekali.

Untuk lahiran di rs ini seenggaknya kita periksa lah minimal 1 kali, entah itu di dokter atau di KIA(bidan) supaya dokter/bidan tahu bagaimana keadaan kehamilan kita. Untuk lahiran di rs ini ternyata ada 2 opsi apakah akan ditangani bidan atau dokter. Biasanya kalau kandungannya ga ada masalah alias normal pihak rs akan menawari jasa bidan terlebih dahulu, namun semua kembali ke customer. Apakah rs ini pro asi? Sebenernya pertanyaan itu yg paling penting bagi saya. Dan ternyata rs ini sangat pro sekali..hehehe.. bayi akan cuma diberi asi saja pada waktu selesai dilahirkan. Rs ini juga mendukung program IMD. Jadi jika kondisi bayi dan ibu sama-sama sehat akan dilakukan proses IMD, yaitu bayi diletakkan di dada ibu agar dia mencari puting ibu dan menghisap puting ibu, supaya kolostrum dpt diminum bayi. Rs ini juga mendukung rawat gabung, jadi bayi boleh berada 1 kamar dengan ibu, sehingga lebih mudah untuk disusui. Wow..itu semua jawaban yg saya inginkan..hehehe..

Selanjutnya kami bertanya soal harga kamar dan kira-kira berapa estimasi biaya jika lahiran secara normal maupun cesar. Mbak bidan menyarankan kami untuk menanyakan langsung di bagian kasir supaya lebih jelas. Kami juga menanyakan apakah untuk melahirkan di rs ini harus booking dulu atau gimana, ternyata ga ada sistem booking, jadi langsung datang aja dan suster menjamin pasti dapat kamar. Soal kamar yg paling bagus fasilitasnya disini adalah tipe VIP B, dengan fasilitas AC, kulkas, tv, jemuran, dispenser, kamar mandi dalam, bed untuk penunggu, sofa untuk tamu, dan makan pasien. Di bawahnya ada tipe 1A yg minus AC dan kulkas. Saya dan mas berniat kalau ga pake tipe VIP B ya 1A. Sebelum berpamitan dengan mbak bidan, saya minta ditunjukkan kamar tipe VIP B. Lumayan lah kamarnya tipenya memanjang gitu, kamarnya bersih. Kamipun berpamitan dengan mbak bidan tak lupa mengucapkan banyak terimakasih.
Sebelum saya dan mas pulang dari rumah sakit tak lupa kami mampir di bagian kasir/pembayaran untuk tanya-tanya masalah harga kamar. Bagian kasir ini tak kalah ramah juga orangnya..hehehe..semua yg saya temuin hari ini ramah dah orang-orangnya. Kami menanyakan untuk tipe VIP B berapa kisaran biaya jika melakukan persalinan normal atau cesar dengan menggunakan jasa dokter. Sang kasir pun langsung mencari struk pembayaran pasien melahirkan, beliau bilang untuk normal dikisaran 6 juta dan untuk cesar di kisaran 14 juta. Woooow..mahal ya ternyata. Tapi ga papa mahal sedikit asal service memuaskan (menurut saya)..hehehehe..

Semakin mantab lah pilihan saya untuk melahirkan di rs ini. Semoga semuanya berjalan lancar. Jadi engga sabar nunggu due date nya..hohoho..dokter bilang sih due date tanggal 15 Agustus. Pingin rasanya lahiran normal. Semoga bisa merealisasikan, semoga bayi saya lahir sehat sempurna, ibunya juga sehat. Amiiiinnn.. semangat granit!!!

2 komentar:

  1. Waaahh.. jadi tertarik untuk coba survei dan melahirkan disana, mau tanya dong mbak.. apakah sudah jadi lahiran disana dan sesuai ekspektasi apa tidak hasilnya. Satu lagi kalau menggunakan bpjs, apakah pelayanan tetap ramah dan tanggap?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf baru balas mba..
      Saya jadi lahiran disana 4 tahun yg lalu mba.. semua sesuai ekspektasi saya mba...bidannya sabar dan cekatan..
      Kalau untuk bpjs disana saya kurang tau mba gimana..
      Tapi berdasarkan pengalaman saya lahiran memakai bpjs di rs di Jogja, pelayanan tetap ramah dan tanggap.. ga dibeda2in kok mba.. :)

      Hapus

Follow Me @granitprihara