Sabtu, 28 Februari 2015

# asi # mom & kids

Booster Menyusui Itu....


Masa-masa menyusui adalah masa yang menyenangkan dan menegangkan. Kenapa menyenangkan, karena kita sebagai seorang ibu dapat memberikan nutrisi yang sangat dibutuhkan bayi kita dan tidak ada minuman lain yang dapat menandingi ASI tersebut. Alasan lain simple sih, kita bisa mengirit biaya susu tambahan atau susu formula karena ASI itu sehat, higienis dan GRATIS :D Berbahagialah para ibu-ibu yang ASInya melimpah. Selain itu menyusui juga bisa menjadi hal yang menegangkan, kenapa? Karena bagi ibu yang ASInya ga melimpah seperti saya pasti punya pikiran "Apa cukup ya ASIku buat dedek?", "Gimana nanti kalau ternyata dedek ga kenyang-kenyang?", "Gimana nanti kalau pas balik kerja ga punya stok ASIP untuk dedek?" dan banyak kecemasan lainnya. Selain itu di masa-masa awal dedek menyusui juga ga kalah menegangkan. Masa-masa dimana dedek masih belajar mengisap membuat puting bundanya lecet dan luka..huhu.. dan pastinya membuat rasa trauma ga ingin menyusui lagi.

Baca : Kegalauan Ibu Baru : ASI Tidak Keluar, Susah BAB dan Takut Kontrol Jahitan

Sebenernya menyusui ini adalah pilihan menurut saya. Ibu yang dianugerahi ASI melimpah ada juga lho yang ga mau menyusui anaknya, mungkin menurut dia ada alasan yang kuat sehingga dia ga mau menyusui anaknya atau hanya karena pingin dilihat kalau anaknya minum susu formula mahal. Who knows? Hanya dia yang mengerti isi hatinya sendiri :) Ada pula ibu yang ASInya ga keluar dengan segala usahanya, sehingga dia merelakan anaknya untuk diminumi susu formula, padahal hatinya menjerit perih karena tidak bisa menyusui anaknya. Santai bu,, tidak menyusui anakmu bukan berarti kamu ga bisa menjadi ibu yang baik kok :) Ada juga ibu yang ASInya keluar pas-pasan tapi tetep berusaha untuk mencukupi kebutuhan anaknya, it's me. Saya ga punya punya tabungan ASI yang berjubel di freezer buat Sakha selama berminggu-minggu atau bahkan berbulan-bulan. Yang saya punya adalah tabungan ASI buat Sakha maksimal untuk 2 hari ke depan, sudah cukup bahagia saya :D

Perjuangan saya untuk menyusui ini dimulai di hari ketiga setelah Sakha lahir. Masih ingat kan cerita saya waktu setelah melahirkan ASI saya ga langsung keluar, musti nunggu 3 hari supaya ASI saya keluar. Banyak banget makanan yang saya makan supaya ASI saya lekas keluar. Pas ASI saya udah keluar pun, makanan itu tetep saya makan. Karena kan saya di rumah ortu waktu cuti melahirkan, jadi disana ada ibuk dan bulik yang selalu masakin dan nyiapin makanan saya setiap harinya. Alhamdulillah banget. Berikut adalah makanan alami yang saya makan sebagai booster ASI saya.

1) Pepaya
Pepaya, buah tinggi kalium yang baik untuk ibu menyusui
Siapa yang ga kenal pepaya. Selain bagus untuk pencernaan ternyata pepaya juga bisa untuk menambah produksi ASI. Pepaya mengandung vitamin A dan vitamin C, serta beberapa mineral penting yaitu kalium, asam folat, dan enzim papain. Enzim ini membantu pencernaan protein. Ibu menyusui membutuhkan banyak protein untuk memproduksi ASI. Selain itu ibu yang kelelahan merawat bayi akan kekurangan kalium, sehingga disarankan memakan makanan yang mengandung banyak kalium. Kandungan kalium di buah pepaya ternyata lebih banyak 50% dibandingkan buah jeruk. Kakurangan kalium ini bisa membuat mood menjadi buruk, padahal untuk memproduksi ASI dibutuhkan mood yang baik. Benar saja ya, setelah memakan buah pepaya ini membuat mood saya menjadi baik, apalagi saya memakannya dengan keadaan dingin. Sehari saya bisa menghabiskan setengah buah pepaya besar.

2) Kecipir
Kecipir, sayuran tinggi protein
Kecipir ini merupakan jenis sayur yang rendah kalori dan memiliki banyak kandungan serat. Selain itu kandungan protein dalam buah kecipir sangat tinggi yaitu setara dengan kedelai. Kecipir juga memiliki kadar kalsium yang tinggi sehingga baik untuk kepadatan tulang dan gigi. Dengan manfaat kecipir yang banyak seperti itu pastinya dibutuhkan untuk ibu menyusui. Saya biasanya memakan kecipir dengan cara di "kulup" atau dijadikan kulupan. Nasi putih, kulupan kecipir parutan kelapa berbumbu tempe goreng adalah menu wajib saya waktu cuti melahirkan di rumah. 

3) Daun Katuk
Daun katuk mengandung laktagagum yang terbukti memperlancar ASI
Yang ini sudah umum kan ya? Yup daun katuk terbukti mampu memperlancar ASI karena mengandung zat laktagagum. Saya memakan daun katuk dengan cara dimasak bukan dilalap :D Mirip-mirip dengan masakan sayur bayam plus ada irisan jagung di dalamnya. Enak dan seger banget daun katuk ini. Sayang dulu di rumah carinya agak susah, jadinya selama cuti hampir 3 bulan saya cuma makan sayur ini paling hanya 3 kali aja.

4) Air Kacang Hijau
Kacang hijau tinggi protein, asam folat dan tiamin
Kacang hijau merupakan salah satu biji-bijian yang tinggi protein. Selain itu kacang hijau juga mengandung asam folat yang tentunya membantu dalam produksi ASI. Kacang hijau juga mengandung Tiamin atau vitamin B1 mengubah karbohidarat menjadi energi karena ibu menyusui butuh energi lebih besar dibanding saat hamil. Bila kekurangan tiamin Anda jadi mudah tersinggung, sulit konsentrasi dan kurang bersemangat. Saya mengkonsumsi kacang hijau ini dengan cara meminum air rebusannya. Setelah itu ampasnya dibuat kolak deh, makin seneng saya :D

Di rumah orang tua, empat makanan itu yang paling sering saya konsumsi untuk memperlancar ASI. Alhamdulillah waktu cuti melahirkan itu ASI saya lancar, sampe saya bisa mompa dan menyetok ASIP. Saya optimis ketika nanti balik ke perantauan pasti saya bisa menyetok ASIP untuk Sakha. Dan ternyata setelah balik ke perantauan dan kembali bekerja, ASI saya seret dong! ASIP yang saya bawa dari kampung cuma cukup diminum Sakha selama 2 hari. Di rantau saya ga punya pembantu, jadi semuanya diurusin berdua sama suami. Masak pun ga pernah karena pulang kerja udah hampir maghrib dan pasti udah capek banget untuk beres-beres rumah. Makanan pun beli seadanya aja di sekitar kontrakan. Hal tersebutlah yang membuat ASI saya seret. Terpikirlah saya untuk membeli booster ASI yang praktis. Alhamdulillah setelah meminum booster tersebut ASI saya lumayan lancar walaupun saya cuma bisa nyetok ASIP untuk diminum Sakha selama 1 hari. Alhamdulillah banget walaupun sistem kejar tayang :D Sejauh ini ada 2 booster ASI yang saya konsumsi.

5) Mama Soya
Mama Soya si booster ASI cihuy
Hore akhirnya saya menemukan booster ASI yang langsung diminum seperti susu. Oh ya sebelumnya saya mengkonsumsi susu ibu menyusui, tapi entah kenapa rasanya aneh dan ngga ngaruh banget ke ASI. Saya menemukan merk Mama Soya ini pas waktu browsing-browsing. Banyak banget yang merekomendasikan susu kedelai ini. Mama Soya adalah susu kedelai yang mengandung ekstrak daun katuk. Cara penyajiannya cukup dengan menuang air hangat seperti membuat susu. Saya meminum Mama Soya ini dua kali sehari, pertama waktu pagi di kantor dan kedua setelah makan malam. Hasilnya membuat ASI saya jadi kentel dan keluar banyak. Ada rasa penuh gitu di payudara, sehingga saya di kantor mompa 2x. Lumayan buat mimik Sakha besok di daycare :)

Baca : Menitipkan Anak di Daycare??

6) Hulbah Fenugreek
Hulbah Fenugreek, ASI booster sekali hap
Waktu itu stok Mama Soya saya habis dan ketika pengen repeat order ke penjualnya ternyata stok mereka juga habis. Tiba-tiba saya kepikiran, gimana ya booster ASI yang praktis itu yang ga usah nyeduh pake air hangat. Soalnya jarak kubikel saya sama pantry lumayan jauh jadi males bolak balik (Dasar pemalas granit!) Saya browsing-browsing lagi dan akhirnya nemu merk Hulbah Fenugreek ini. Fenugreek adalah tanaman yang mengandung Fitoestrogen yang dipercaya sebagai pelancar ASI sampe 300%. Saya meminum hulbah ini juga 2x sehari, pagi setelah makan dan malam setelah makan. Hasilnya sama seperti waktu saya meminum Mama Soya.

Walaupun saya menyetok ASIP dengan sistem kejar tayang dan pasti melelahkan, yang pasti saya tetap bersyukur. Alhamdulillah Sakha lulus S1 ASI Eksklusif. Alhamdulillah target awal ga muluk-muluk saya sudah terpenuhi. Untuk ibu-ibu yang ASInya seret dan masih ingin terus berjuang, ga ada salahnya untuk mencoba booster ASI ala saya. Yang pasti ASI akan keluar lancar ketika ibu bayi dalam kondisi happy dan ikhlas. Semoga kita selalu menjadi ibu yang berbahagia ya :*

Sumber Gambar :
Kartun Ibu Menyusui : http://ybicdn.azureedge.net/wp-content/uploads/2014/01/mother-breastfeeding-baby-vector.jpg
Pepaya : http://i1.wp.com/caraturunkanberatbadan.com/wp-content/uploads/2016/03/Resep-Diet-Pepaya-Cara-Menurunkan-Berat-Badan-7-Hari.jpg?resize=640%2C416
Kecipir : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhbhvHdhZJwDfpZKWp8L287fOd3S_96sHExDBBcuiAn9PQJTO67_avgBa0A82UUkqcoJhEfwxskIC_8ZxAZN9tU-uzGAwHKJAGctfjxlqEXbj683PGeItqlTj36CZHUxJ6D5c7UNGp3NfmA/s1600/Kecipir.jpeg
Daun Katuk : https://carapemesanandeepseafishoilsoftgel.files.wordpress.com/2016/09/katuk3.jpg
Kacang Hijau : http://penulispro.com/wp-content/uploads/2015/05/kacang-ijo3.jpg
Mama Soya : https://www.google.com/imgres?imgurl=https://ecs7.tokopedia.net/img/
Hulbah : http://tokoherbalanna.com/wp-content/uploads/2013/04/HULBAH-MABRUUK.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar