Rabu, 11 Maret 2020

# review hotel

Paket Lengkap Menginap di Westlake Resort Jogja

Alhamdulillah beberapa bulan lalu, tepatnya saat wedding anniversary yang keenam kami sekeluarga bisa refresh sejenak di Westlake Resort. Udah jauh-jauh hari nabung untuk staycation disini, beberapa bulan sebelum hari H dah booking via agoda. Dapet rate sekitar 600ribuan per malam untuk kamar tipe lake view. Ada pilihan kamar bertipe garden view juga.

Kenapa pilih Westlake Resort? Karena Westlake merupakan salah satu resort di Jogja yang dekat dengan alam, punya danau buatan, serta lokasinya ga terlalu jauh dari tempat tinggal kami. Kami juga penasaran banget sama ikan-ikan yang ada di danaunya. Kebetulan pak Yan suka ikan, Sakha dan Sakhi apalagi. Mereka suka kasih makan ikan, sering rebutan.

Sebelum berangkat kami sengaja bawa pakan koi punya pak Yan nih . Pastinya ikan-ikan disana akan suka. Westlake Resort terletak di Jalan Ringroad Barat Bedog Trihanggo, Sleman, DIY. Ikutin jalan Ringroad Barat sampe nemu plang gede banget bertuliskan Westlake. Jalan masuknya emang agak kecil. Lokasinya bersebelahan pas dengan Westlake Resto.

LOBBY
Kami check-in sekitar pukul 14.30. Selesai parkir mobil kami langsung menuju resepsionis. Proses check-in ga memakan waktu lama, karena waktu itu tamu hotel lumayan sepi. Cukup menunjukkan booking id dan KTP, kunci kamar pun sudah didapat.

Lobby resort ini lumayan besar, banyak sofa disediakan untuk menunggu. Nuansa klasik dan homey menghiasi ruangan ini. Mata kami terfokus pada hiasan tiga patung yang menyangga batang kayu. Sepertinya ini adalah icon Westlake.
Lobby Westlake
Kami mendapat kamar nomor 212. Resepsionis bilang kalau lokasinya tidak terlalu jauh. Tamu bisa memilih menggunakan buggy car atau langsung berjalan kaki untuk menuju kamar. Kami memilih untuk berjalan kaki untuk lebih menikmati dan mengeksplor pemandangan Westlake Resort ini.

GARDEN
Berjalan menuju kamar, kami melewati taman yang asri. Kami juga melewati area breakfast dan ruang terbuka yang dihiasi lampu-lampu. Terdapat juga beberapa spot foto yang instagramable, tapi kami pilih untuk langsung menuju kamar karena anak-anak sudah rewel pengen kasih makan ikan. 
Spot foto
Perjalanan menuju kamar
Bangunan di Westlake ini bentuknya sekilas mirip dengan benteng jaman Belanda dulu. Perpaduan hijaunya taman dan bangunan klasik membuat mata ini ga berhenti memandang.
Bangunan klasik
KAMAR
Dan taraaaa..sampailah kami di kamar 212. Kamar yang kami tempati berada di ujung depan danau. Emang bener lake view sih, tapi ya swimming pool view juga. Plus pas di seberang balkon kamar kami terdapat spot leyeh-leyeh khusus untuk menikmati meriahnya ikan di danau ini. Di sebelahnya ada mini boat yang terparkir dan ready sebagai sarana keliling danau. Bayangkan, apa ga rame orang disana..hahaha.. Berasa kurang privat aja.
View dari balkon kamar ujung depan
Jujur sempat sedih juga sih, pikir kami bakal dapat kamar yang jauh di tengah danau gitu biar kerasa privat. Kami sempat request untuk pindah kamar tapi ditolak karena kamar penuh semua. It's okey deh, setidaknya kami ga dapat kamar 211..yang mana dapat pemandangan danaunya lebih pinggir 

Kamar yang kami pesan bertipe Executive King. Benar saja pas masuk kamar nuansa eksekutif kami dapatkan, plus dengan bed besar yang sangat muat untuk empat orang. Arsitektur kamar ini bernuansa klasik. Dinding sengaja dihiasi material seperti batako yang dibiarkan warnanya abu alami. Sedangkan furniture yang digunakan bernuansa kayu cokelat yang minimalis.

Fasilitas yang terdapat di kamar ini lengkap seperti hotel bintang empat pada umumnya, mulai dari AC, TV, brankas, mini bar, toiletries, dan pemanas air.
Backdrop TVnya cool minimalis banget
Mini bar
Lemari dan brankas
BED
Bed di kamar ini sangat nyaman dan luas, yaiyalah tipe king, beda dengan bed pas vacation ke Puri Asri dulu. Dipan kasurnya ga terlalu tinggi, pas untuk Sakha Sakhi. Tapi jenis dipan seperti ini menurut saya agak kurang aman untuk anak-anak karena kayu dipannya terlalu banyak melebihi luas penampang kasurnya. Jadi si anak bisa rawan kepentok sikunya deh.
Kasur luas horeeee
BATHROOM
Nuansa klasik modern masih mewarnai area kamar mandi. Wastafel berbentuk batu alam menjadi daya tarik tersendiri. Kamar mandi bertipe shower dengan sekat kaca yang membatasi area mandi dengan kloset.
Wastafelnya keren
Kloset
Shower
Toiletries yang disediakan cukup lengkap meliputi sikat gigi, sabun batang, sabun cair, dan shampoo. Toiletries cair diwadahkan dalam pump sehingga tidak bisa dibawa pulang sebagai accessories.

BALKON
Spot favorit kami adalah balkon kamar yang langsung berbatasan dengan danau buatan di Westlake Resort. Di area balkon disediakan kursi malas untuk leyeh-leyeh sambil menikmati danau. Terdapat pagar kayu sebagai pengaman.
Wefie di balkon kamar
Ikan di danau ini sangat banyak. Saat kami memberi mereka makan, puluhan ikan berebut mendekat. Sakha Sakhi happy sekali. Kami pesan buat ngirit-ngirit pakan ikannya biar besok pagi masih bisa kasih makan ikan lagi..hehehe..
Rutinitas di balkon kamar
Malam harinya pemandangan dari balkon kamar berubah jadi romantis. Saat anak-anak sudah tidur, saya dan pak Yan ngobrol ngalor ngidul disini sambil menikmati kerlap kerlip lampu. Suara iringan live music juga terdengar dari area resto, bikin makin betah di balkon.
Suasana balkon malam hari
BREAKFAST BUFFET
Area resto untuk sarapan terdapat di pinggir kolam renang dan danau. Bersebelahan juga dengan spot leyeh-leyeh untuk melihat ikan. Kamar kami bisa terlihat jelas dari area resto ternyata .

Menu disini sangat lengkap, mulai dari western, indonesian dan traditional food. Menu utama pilihan kami tetap jatuh pada nasi goreng, dan bubur ayam untuk Sakhi. Semua enak.
Sarapan di pinggir danau
Di resto juga tersedia stan yang menyediakan jamu. Karena riweh dengan Sakha Sakhi saya ga sempat mencoba nih. Sapa tau ada uyub-uyub kan ya..tapi ya gimana ga sempat coba..
Suasana resto tempat sarapan
Oh ya petugas di resto ini sangat cekatan. Saat ada tamu hotel yang membawa anak kecil akan ditawari untuk menggunakan baby chair atau tidak. Petugasnya juga bersedia mengambilkan. Sakhi nyaman banget ada di baby chair dari material kayu ini. Saat di meja sudah ada makanan yang habis, petugas juga dengan cekatan membereskan piring yang kotor.
Mau maem lagi Ama
Sama dengan di kamar, area resto ini juga menggunakan furniture berbahan kayu dengan furnish cokelat gelap. Di bagian dinding terdapat banyak pajangan piring keramik yang mengentalkan suasana tradisional. Sayang saya ga bisa berlama-lama menikmati area ini karena Sakha ga sabar untuk naik mini boat keliling danau.
Sakha mulai riwil
OUTDOOR ACTIVITIES
Di luar kamar, tamu hotel bisa memilih beberapa aktivitas seperti lake tour menggunakan mini boat, leyeh-leyeh di pinggir danau dikelilingi ikan, memancing, bersepeda, dan berenang. Kali ini kami memilih dua pilihan pertama.

 Lake Tour
Lake tour ini tidak gratis ternyata, kirain termasuk fasilitas..hehehe. Tiket lake tour per orang seharga Rp. 50.000, sudah free makanan ikan. Untuk anak seusia Sakha ga bayar lho, padahal dah 5 tahun..syukurlah.
Tiket lake tour
Tiket bisa dibeli di area resto. Waktu itu masih pagi, jadi antrian lake tour masih sepi. Sebelum naik mini boat kami diwajibkan memakai life vest. Petugas mengatur tempat duduk kami agar seimbang, tidak berat sebelah.
Siap lake tour
Lake tour pun dimulai. penyusuran danau dimulai dari kiri (depan balkon kamar kami), lalu memutari danau sampai ujung. Di tengah-tengah perjalanan kami diberhentikan di dataran kecil mirip pulau buatan, disini ada banyak kelinci yang lucu. Sakha Sakhi sangat happy.
Memutari danau seluas itu
Sampai di pulau kelinci
Setelah puas berinteraksi dengan kelinci, kami kembali ke pinggir danau. Di perjalanan sambil sibuk memberi makan ikan-ikan, kami juga banyak ngobrol dengan petugas lake tour. Petugasnya sangat ramah dan komunikatif.

Seru banget lake tour ini. Banyaknya ikan membuat lake tour semakin riuh. Mungkin jumlah ikan disini ada ribuan, lha tiap spot pasti ada ikan. Oh ya berkat lake tour saya juga jadi tau kamar bertipe presidential suite yang ada kolam renang pribadinya itu..hehe.. Lha kami lewat depannya..

 Leyeh-leyeh di Pinggir Danau
Puas dengan lake tour, sebelum balik ke kamar kami menyempatkan diri untuk leyeh-leyeh menikmati kursi malas yang iconic di Westlake Resort. Saat kami duduk, ikan-ikan selalu mendekat, menyenangkan sekali.
Leyeh-leyeh lihat ikan
Beruntung banget karena biasanya spot ini rame, pas pagi itu sepi lho. Mungkin karena tamu-tamu hotel yang lain pada sibuk sarapan. Sakhi betah banget duduk disini, happy!
Happy nduk?
Menginap di Westlake Resort memang ga jauh-jauh dengan nuansa air. Tapi waktu itu kami memilih untuk tidak berenang karena cuacanya mendung. Selain itu menurut kami posisi kolam renang kurang strategis. Bisa berada di tengah gitu lho, jadi pusat perhatian..hehehe.. Bisa terlihat jelas dari resto, kamar, dan area publik. Kurang nyaman aja.
Posisi kolam renang
Untung Sakha ga merengek nyemplung kolam renang, dia cuma minta duduk sebentar di kursi pinggir kolam. Good!
Aku cuma minta leyeh-leyeh aja
SERVICE
Overall, service di resort ini sangat memuaskan. Pegawainya sangat ramah dan kooperatif. Waktu kami memesan minuman, petugas dengan gercep mengantarkan. Petugas di area resto dan lake tour juga sangat ramah.

  


Menurut kami resort ini sangat recommended. Bisa jadi alternatif sebagai destinasi istirahat dan melepas penat setelah menjalani rutinitas yang padat. Akses kamar tidur yang langsung berbatasan dengan danau menjadi sensasi tersendiri. Anak-anak juga pasti akan senang karena bisa berinteraksi dengan hewan, terutama ikan. Berbagai kegiatan outdoor juga ditawarkan, tentunya akan membuat semakin nyaman karena tidak perlu keluar area resort untuk jalan-jalan. Paket lengkap bukan?

Thanks for reading..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar