Jumat, 15 Agustus 2014

Finally, We Meet Our Little Prince!!!!

Jumat, Agustus 15, 2014 0 Comments
Hari itu tanggal 10 Agustus 2014, ga ada firasat apa-apa sebelumnya. Hari-hari ini saya sibuk bener, buat ngurus surat pindah KK. Ampun dah, udah hampir punya anak tapi saya dan mas bojo belum punya KK, di KTP pun statusnya masih BELUM KAWIN (tepok jidat). Setelah berpisah dengan mas selama seminggu (balik ke jogja dia), di hari itu mas tetep ngengkel mau pulang ke blitar, katanya sapa tau lahirnya lebih cepat daripada hpl. Ya saya izinin deh pulang, saya juga kangen pisan..hehehe..

Pagi ga ada tanda-tanda mau lahiran, saya minta tolong mas buat nganter ke Polres Blitar buat ngurus SKCK yg akan dilampirkan buat ngurus surat pindah. Ceritanya saya mau ikut mas, jadi warga Probolinggo. Jadi karena pindah kota maka harus ada lampiran SKCK dari Polres. Setelah SKCK jadi kira-kira saya dan mas nunggu kurang lebih 2 jam, saya lanjut maem bakso rejeki yang enak itu. Nyampai rumah saya tidur. Bangun tidur saya merasa tidak enak, kayak ngerasa bassssssaaaah banget gitu di daerah miss V. Saya kira cuma keputihan aja. Bangun dari tempat tidur saya pengen ke toilet, lha tiba-tiba kok airnya berasa deras ngalir ke lantai. Untungnya saya pernah baca artikel tentang ketuban pecah dini. Dan tanda-tanda saya menunjukkan demikian. Langsung saya membangunkan mas supaya siaga ngantar ke rumah sakit. Tas perlengkapan saya & perlengkapan dedek yg sudah saya siapkan terpaksa ditinggal dulu karena saking 'gupuh' nya tergesa-gesa. Mikirnya juga ga papa jarak RS sama rumah ga terlalu jauh. Dan kami ke RS naik motor dong..seru sekali :D

Baca : Mau Lahiran di RS Perlu Bawa Tas Isi Apa Yaa??

Nyampai di RS saya dan mas langsung pesan kamar 1A sesuai rencana pas survey dulu. Saya diantar ke kamar bersalin pakai kursi roda. Sampai disana saya bilang ke suster kalau ketuban saya pecah. Langsung saya diminta masuk ke kamar bersalin, berganti baju pasien & berbaring. Ga lupa saya dikasih gelang pasien. Bidan di RS ini tanggap2 banget pokoknya. Bidan mengecek apakah sudah ada pembukaan atau belum, ternyata belum ada pembukaan sama sekali dan saya juga belum merasakan kontraksi sama sekali. Setelah bidan 'mengobok-ngobok' saya itu aliran ketuban yg pecah itu semakin deras..huhuhuhu..saya diminta tidur miring, akan lebih baik kalau miring ke kiri. Setelah bidan memeriksa apakah ada bukaan atau tidak, dilanjutkan dengan pemeriksaan tekanan darah saya & denyut jantung dedek. Alhamdulillah hasilnya semua masih normal.


Bidan bilang dengan kasus ketuban pecah dini, maksimal 24 jam setelah ketuban pecah si dedek harus dilahirkan karena kalau tidak akan terjadi infeksi yg akan membahayakan dedek & ibunya. Setiap jam bidan memeriksa ketuban saya. Karena ketuban saya ngalirnya tambah deras tapi belum juga ada bukaan, bidan akhirnya meminta bantuan dokter untuk solusinya. Karena hari itu hari Sabtu, dokter Fitri ga praktek, cuma ada dokter Bambang. Ya sudah seadanya dokter saja saya manut. Dokter memberikan instruksi pada bidan supaya menunggu setiap jam mengecek suhu badan saya. Kalau suhu badan lebih dari 37,5 derajat maka nanti langsung dikasih drip atau induksi, karena di suhu tersebut bisa jadi suhu pasien terkena infeksi. Misal belum sampai dengan suhu tersebut, maka harus menunggu 12 jam dari jam pecahnya ketuban.

Setiap jam mbak bidan yg sabar memeriksa suhu badan saya, sampai 12 jam menunggu, suhu badan saya hanya sekitar 36 derajat. Akhirnya mbak bidan tanya ke dokter lagi apa yg harus dilakukan, apakah harus menunggu lagi? Dokter menyarankan untuk langsung diinduksi saja. Jadilah hari minggu jam 3 pagi saya diinduksi pake infus. Sebelum dilakukan induksi, saya dan mas diminta untuk menandatangani surat perjanjian. Selain itu saya juga diminta untuk melakukan tes HIV/Aids. Setelah darah saya diambil, saya dikasih infus drip itu. Pertamanya speednya rendah, lama-lama mbak bidan menambah speednya agar terjadi kontraksi. Gimana rasanya? Suakiiiiiiiiiit. Sakit banget ya Allah. Saking sakitnya saya jadi ndak doyan makan, terus 'ndlemiming' bilang 'aduh-aduh sakit'. Perut rasanya sakit, tetep disuruh berbaring ke kiri. Rasanya pengen ngeden, tapi ngeden sebelum bukaan 10 sangat dilarang. Diinduksi jam 3 pagi, jam 9 pagi dicek sudah bukaan 4. Lalu jam 10.30 sudah bukaan 10. Alhamdulillah akhirnya proses persalinan akan dimulai juga.

Nasib ya nasib, dokter Bambang bilang harus menangani pasien operasi cesar. Akhirnya saya ditangani bidan. Alhamdulillah juga soalnya yg nangani jadinya cewek semua. Bu bidan Anis memberi instruksi kepada saya untuk ngeden kalau udah kerasa pengen ngeden banget, tapi ngedennya harus ngeden kayak mau pup. Selain itu saya diminta ambil nafas panjang. Dasar saya yg sudah lemes gara-gara kontraksi plus ga ada tenaga gara-gara ga doyan makan, akhirnya saya ambil nafasnya pendek terus ngedennya salah pula..huhuhuhu. Bener saya ambil nafas panjang setelah itu tapi tetep ga kuat buat ngeden lama. Waktu menunjukkan pukul 10.50 siang, setengah jam berselang bayi saya juga ga kunjung keluar. Akhirnya ada satu bidan yg membantu saya mendorong dari atas. Tetep aja saya ngedennya lemah. Padahal mas udah bilang si kepala dedek sudah keliatan. Huhuhuhu..rasanya lemes, rasanya pingin nangis, rasanya udah ga kuat, rasanya pengen SC aja. Tapi semua orang di ruangan sana menyemangati saya, terutama suami saya. Tindakan selanjutnya bidan memperlebar jalan lahir dedek dengan cara digunting. Saya pun mengeden kayak mau pup dgn sekuat tenaga. Dan itupun bayi saya belum keluar juga, padahal juga udah dibantu didorong dari atas..huwaaaaaaaa...sedih banget. Akhirnya bu bidan Anis bilang "Ayo mba semangat mba, habis ini percobaan yg terakhir lho mba, kalau tetep ga bisa berarti harus ditangani dokter dengan divakum!". Deeeeng..saya ga mau bayisaya divakum, dan alhamdulillah dengan tekad itu akhirnya bayi saya keluar. Alhamdulillah ya Allah. Segala syukur saya ucapkan.

Selesai melahirkan, proses penjahitan pun dimulai. Rasanya sakit waktu dijahit. Dan bu bidan bilang ada sekitar 12 jahitan. Sakit itu sudah ga terasa ketika proses IMD, dimana bayi saya diletakkan di atas dada saya untuk mencari puting susu. Saya sangat senang, walaupun bagian V saya dijahit waktu itu, tapi saya fokus di bayi saya. Lucu banget anak saya. Ternyata panjang nya 50 cm dengan berat 3,8kg. Makanya dek, sulit nya ngeluarin sampeyan..hehehe.. atas kesepakatan saya dan suami, dedek kami beri nama Rafasya Primahdi Sakha. Yg memiliki arti pemimpin yg berkedudukan tinggi namun dermawan. Semoga Sakha menjadi anak yg sholeh, pintar, & selalu membanggakan orang tua. Amin.
Wajahmu ketika baru lahir nak :*

Selasa, 05 Agustus 2014

Perkembangan Dedek Part 3

Selasa, Agustus 05, 2014 0 Comments
Ga kerasa kehamilan saya sudah memasuki trisemester akhir, dimana perut jadi semakin gede, semakin gampang capek, kaki jadi gampang bengkak, nafsu makan semakin menjadi-jadi namun buang air besarnya jadi sulit. Memasuki bulan ke 8 ini dokter menyarankan untuk kontrol sebulan 2 kali alias 2 kali seminggu dan ketika memasuki usia kandungan 9 bulan disarankan kontrol seminggu sekali.



30 Minggu
Di kontrol kali ini berat badan saya naik 1 kg menjadi 69kg dengan tekanan darah 120/80. Keluhan di minggu ini tetap seperti minggu sebelumnya yaitu sembelit dan kaki bengkak. Kata dokter itu normal dan tetap mewejangi saya supaya banyak makan buah dan sayur. Oh ya posisi bayi saya sudah ga sungsang lagi saat ini. Berat badan bayi saya naik 400gram menjadi 1900gram. Tetep aja gede..hehehe..dokter sekarang ga bilang apa2 sih soalnya saya udah lakuin diet nasi & gula..hehehe..tetep aja berat babynya naik banyak..hehehehe. oh ya dokter mengingatkan kalau saya lebih baik mengikuti senam hamil supaya kondisi kesehatan selama kehamilan lebih fit karena saya kan banyak duduk. Di kontrol kali ini saya juga menanyakan HPL baby saya, apakah mengikuti HPL yg tertera di USG atau dihitung dari tanggal terakhir mens. Ternyata tetap dihitung dari tanggal terakhir mens yaitu 15 Agustus 2014.

32 Minggu
Sesuai perkataan dokter, 2 minggu kemudian saya balik kontrol. Berat badan saya tetep 69kg dengan tekanan darah 120/80. Yang mengejutkan walaupun berat badan saya ndak naik, tapi berat badan dedek naik jadi 2100 gram..huhuhu..tetep overweight nih.. :D Tambah mengejutkan lagi posisi dedek kembali sungsang. Padahal saya udah ikut senam hamil seminggu sekali sesuai dengan saran dokternya. Haduh saya jadi kepikiran, soalnya kandungan dah masuk usia 8 bulan, trus babynya ukurannya gede, sungsang pula. Pesimis bisa normal. Tapi dokter ariesta bilang saya disuruh nungging sehari 5 kali, masing2 selama 5 menit agar posisi adek berubah. Lalu akan dicek 2 minggu lagi. Dokter bilang masih ada harapan kok buat ganti posisi dedeknya soalnya ketuban saya masih mencukupi. Oh ya di kontrol saat ini saya menanyakan apa boleh ibu hamil gede puasa, dokter bilang ga papa boleh2 aja, asal sahur dan bukanya dengan makanan yg seimbang gizinya. Horeee..saya boleh puasa romadhon donk ya, moga ga bolong..amiiin.

34 Minggu
Kontrol yang saya tunggu2, karena saya ingin melihat posisi dedek apakah masih sungsang atau engga. Saran dokter untuk rajin nungging udah saya lakukan. Alhamdulillah posisi dedek sudah ga sungsang lagi, kepala sudah di bawah. Padahal saya stop senam hamil dan hanya ngikutin saran dokter buat nungging2. Ohya sekarang berat badan saya 70kg, dengan tekanan darah 110/70. Padahal saya puasa lhoooo kok beratnya malah naik. Yg lebih ngagetin berat badan dedek naik 500 gram jadi 2600gram. Dokternya udah geleng2 kepala. Saya tanya kenapa kok bisa gede gitu dok padahal ayah bundanya ndak gede dan padahal saya udah ngurangin konsumsi gula & puasa. Dokternya bilang mungkin memang udah genetiknya dia gede. Ya apa mau dikata, disyukuri aja asal dedek sehat selalu walau dengan jalan lahir apapun. Saya tanya ke dokter dengan kondisi bayi besar apa bisa melakukan persalinan normal, dokternya bilang semua tergantung kondisi ibunya. Misal panggulnya lebar, bisa aja lahiran normal. Sedikit lega saya, karena banyak yg bilang panggul saya lebar.

36 Minggu
Di kontrol kali ini merupakan kontrol terakhir saya di jogja, karena memang saya dan mas merencanakan akan lahiran di blitar supaya dekat dengan keluarga. Berat badan saya turun 500gram menjadi 69,5kg dengan tekanan darah 110/70. Tapi ga ngaruh sama berat badan dedek yang terus bertambah menjadi 2800gram. Kabar gembiranya kepala dedek udah masuk panggul. Saya disuruh banyakin jalan kaki untuk mengurangi bengkak di kaki saya. Pada kontrol kali ini saya berpamitan dengan dokter dan perawatnya, dan ga lupa mengucapkan banyak terimakasih karena sudah banyak membantu dan menjawab pertanyaan2 kami. Tak lupa dokter memberikan surat history kesehatan saya dan hasil USG terakhir supaya nanti bisa ditunjukkan ke dokter kandungan yang ada di blitar.

37 Minggu
Setelah galau menimbang-nimbang dokter mana yang akan kami pilih di blitar, apakah dokter Wayan, Jamil atau Fitri. Akhirnya saya dan mas mantab memilih dokter Fitri, ya alasan utamanya karena beliau perempuan..hehehe.. selain itu saya dan mas jg merencanakan akan lahiran di RSK Budi Rahayu, kebetulah dokter Fitri praktek disana juga. Kontrol pertama saya di dokter Fitri seperti biasa saya ditimbang dan ditensi sebelum di USG. Sebelumnya saya ga lupa memperkenalkan diri kalau sebelumnya saya periksa di jogja tapi rencana lahiran di blitar. Dokternya ternyata ramah bener, asik diajak ngobrolnya, setiap pertanyaan saya dan mas pasti dijawab. Berat badan saya turun sekilo menjadi 68,5 dengan tekanan darah 100/70. Eh tapi dedeknya berat badannya meningkat drastis jadi 3200gram..hohohoho. Dokternya ketawa aja tau saya terkesima dengan berat debay. Saya tanya supaya berat badan dedeknya ga naik banyak gimana, dokter bilang suruh ngurangin gula. Beliau juga bilang saya diharuskan ngatur makanan, karena kalau engga bb bayinya nanti pas lahiran bisa gede banget. Tapi dokternya sedikit menenangkan hati karena beliau bilang posisi dedek bagus, sudah turun ke panggul dan panggul saya besar. Insya Allah bisa lahiran normal. Amin. Dokternya bilang saya suruh balik kontrol ntat deket2 HPL aja, tapi saya tetep periksa minggu depannya..hehehe.. :p

38 Minggu
Dah 9 bulan lebih usia kandungan saya. Rasanya deg2an menanti kapan bayi ini akan lahir. Masuk 38 minggu ini saya periksa lagi ke dokter fitri. Jujur aja sebenernya saya cuma pengen tau berat badan dedeknya..hehehe..karena saya udah menjaga pola makan saya..semoga berat badan dedek naiknya sedikit sehingga ga kebayang buat operasi cesar. Alhasil karena menjaga pola makan berat badan saya turun jadi 68kg dengan tekanan darah 120/80. Dedek juga cuma naik 100gram jadi 3300gram..hehe..lega rasanya..lumayan 3,3 kg kan ga terlalu besar. Dokter juga mendukung untuk lahiran normal. Semangaaat..