Sabtu, 06 April 2024

Campur Aduk Pertama Kali Nonton Konser

Sabtu, April 06, 2024 0 Comments

Huwaaa.. Rasanya masih seperti mimpi.. Alhamdulillah impian nonton konser band favorit jaman sekolah terwujud sudah. Throwback dulu ya.. Kira-kira awal Januari lalu ada beberapa teman yang mention saya di instagram tentang postingan wildgroundfest yang bakal undang Sum 41 ke Indonesia. Pas saya lihat, waaaah ternyata konsernya ada di dua kota, salah satunya di JOGJA! 


Setelah saya kepo lebih lanjut ternyata itu adalah serangkaian final tour sebelum Sum 41 bubar tahun depan. Wow kapan lagi kalau gak nonton sekarang.. Bakal jadi pengalaman sekali seumur hidup ini.. Akhirnya postingan dari wilgroundfest tentang konser Sum 41 itu saya jadikan story ig dan wa, dengan caption "Aku pengen nonton, tapi anak-anakku karo sopo?". Lah dilalah ada beberapa teman dan saudara yang reply story kalau mereka available kalau misal mau dititipin Sakha Sakhi. Huwaaa.. siapa yang gak terharu..   Tetapi keputusan Sakha Sakhi mau sama siapa nanti masih belum diputuskan nih.. Bingung memikirkan alternatif-alternatif yang ada..


Saat tiket konser Sum 41 udah launching dijual di website tiketapasaja.com, tanpa ba bi bu saya langsung beli tiketnya. Lha jadinya anak-anak bakal dijagain sapa saat kami nonton nanti? Belum tau, pikir keri..hihihi.. Pokoknya beli aja tiketnya dulu... 


Alhamdulillah tiket udah di tangan sejak bulan Januari. Awalnya saat beli, saya pikir itu bakal kayak war tiket gitu. Bakal sampe gak kebagian semacam war tiket Coldplay yang diliput banyak media. Tapi ternyata lempeng santuy, tiket konser Sum 41 pun masih available saat hari H konser ternyata.. Mungkin karena konsernya diadakan di Jakarta juga jadi kemungkinan fans nya terpecah di dua tempat untuk nonton. Untuk konser di Jakarta ini, Sum 41 digandeng promotor Ravel Entertainment yang sudah terpercaya sukses dengan Hammersonic dan Soundrenaline nya (tidak dengan BMTH ). Untuk konser di Jogja, Sum 41 digandeng Wildgroundlive kolaborasi dengan Wildgroundfest yang tahun lalu datengin Saosin ke Jogja.. hoho..


Ceritanya ini bakal jadi pengalaman pertama saya nonton konser. Pernah di suatu hari, saya dan pak Yan lagi di mobil sambil dengerin playlist lagu saya. Waktu itu lagi diputer lagu System Of A Down, auto nyanyi lah saya sambil refleks bilang ke pak Yan "Weh, lek System Of A Down konser neng Jogja pokoe aku kudu nonton.. Sepisan wae nonton konser band-band favorit jaman enom kae". Pak Yayan cuma bisa ketawa. Gak menduga-duga dari omongan mimpi asal ceplos ini Allah mengabulkan doa saya..  Alhamdulillah..


Oh ya izin OOT dikit, awal tahun 2024 ini saya mulai merintis bisnis design grafis yang dari dulu saya impikan. Jadi dari tahun lalu alhamdulillah ada temen atau tetangga yang order design logo bisnisnya ke saya. Nah mereka pada bilang tu kenapa kok ga segera buka bisnis design beneran, bikin instagram dan shopeenya gitu. Setelah mencari ilham beberapa waktu sambil memantapkan hati, alhamdulillah lahirlah @demasadesign. Trus apa hubungannya sama konser Sum 41 nih? Nah itu diaaa.. Saya memberanikan diri untuk design kaos band! Huwaaa... Jadi rencananya saat konser Sum 41 nanti saya akan pakai kaos Sum 41 hasil design saya sendiri..   Pada awalnya pingin juga nyablon beberapa size untuk dijual, apalagi momentnya pas tho mau ada konser. Tapi ternyata mencari tempat sablon yang hasilnya oke namun ramah di kantong itu gak mudah. Apalagi kami tinggal di Jogja pinggiran alias Mbantul city, pilihan terbatas. Yowes akhirnya cuma nyablon dua kaos aja, satu untuk saya dan satu untuk pak Yan. Itupun designnya beda, ya maklum saya masih trial error.. 

Yuhuu.. siap dipake

Bulan Februari pun tiba, saya makin kepo lebih jauh nih apa yang musti disiapin buat nonton konser. Googling lah sana sini, gak lupa juga kepo maksimal tentang set list lagu yang dibawakan Sum 41 di beberapa live terakhir. Di akhir bulan Februari berita baik datang, ternyata ibuk saya mau main ke Jogja sebelum bulan puasa tiba. Wah momennya pas banget, gimana kalau datangnya pas saya mau nonton konser aja.. Ibuk saya pun setuju untuk jagain Sakha Sakhi waktu saya dan pak Yan nonton. Alhamdulillah... 

Yuhuuu singkat kata, bulan Maret pun tiba. Eyang uti Sakha Sakhi udah di Jogja, kami pun juga udah sounding ke anak-anak kalau kami bakal nonton konser. Ternyata respon anak-anak sangat kooperatif, dengan bilang "Selamat nonton artis favorit Ama ya.. "  . Makasih anak-anakku.. 

H-1 pun tiba, dan ternyata ada kejadian gak mengenakkan. Jadwal nonton konser hari Sabtu, bisa-bisanya hari Jumat siang badan saya demam tinggi, kepala pusing, meriang pol. Sampai saya full pake jaket sepanjang hari. Udah minum sanmol dan vitamin, tetep aja rasanya badan ini gak enak, tidur pun gak nyenyak. Parahnya di hari Sabtu pagi, diare pun menyerang. Huwaaaa... Demam, pusing masih ada lha ini ditambah diare pula. Akhirnya mulai dari obat demam, obat diare, vitamin, tablet penambah darah (karena waktu itu mens juga datang..hikz) saya minum semua. Gak lupa oralit plus ion water juga saya minum dah. Pokoknya harus sembuh biar malamnya bisa nonton konser... 

Siang hari saya merasa udah agak enakan, pergilah kami ke Stadion Kridosono untuk tukar e-ticket jadi gelang. Rasanya rasa sakit di badan saya ilang pas sampe sana. Membayangkan nanti malam nonton bikin saya jadi semangaat. Proses penukaran tiket ini cepet juga, gak antri mungkin karena siang ya. Kami dapat tiket Festival A, sama-sama berdiri kayak Festival B cuman bisa lebih depan.. Dan alhamdulillah gelang pun sudah di tangan...
Gelang sudah di tangan
Malam hari sebelum berangkat nonton, bisa-bisa nya diare itu keluar lagi..hikz.. Langsung dah saya minum lagi obat diare 2 kapsul..huhu.. Bismillah berangkat nonton. Kami pilih naik motor dari rumah karena khawatir disana parkir mobil full. Dan kapan lagi bisa berlama-lama motoran berdua di malam minggu yang syahdu ini kan ya.. Kenapa syahdu? Karena sepanjang sore sampai menjelang malam itu hujan terus gaes.. Sempat kepikiran juga misal pas konser turun hujan opo kuat fisikku udan-udanan? Wes tuwo... Karena wes tuwo juga gak lupa bawa koyo & freshcare di dalam tas.. 
Parfum andalanku naik kelas
Singkat kata, kami udah sampai stadion Kridosono. Ternyata ada teman kami yang nonton juga. Akhirnya kami bergabung untuk masuk ke Festival A. Oh ya sebelum masuk ada body checking dulu, dipisah antara penonton perempuan dan laki-laki. Saya pikir bakal ketat gitu diperiksa sampai dalam-dalam dan teliti, ternyata B aja.. Sempet ovt juga karena jilbab saya pake bross nih, takut membahayakan gitu.. Ternyata lolosss...
Sudah di dalam venue
Konser Sum 41 ini dibuka dengan penampilan band lokal Rocket Rockers dan Endank Soekamti. Jaman enom dulu pernah denger lagu-lagu mereka juga, cuman gak terlalu mengikuti jadi gak hafal liriknya. Akhirnya sesuai jadwal, Sum 41 naik stage jam 21.00!! Bisa dibayangkan semua auto teriak, termasuk saya.. Kami dapat lokasi stategis, pas di tengah tapi gak terlalu depan. Jadi misal mau ambil video atau foto bisa muat semua gambar personilnya..
Let's goooo
Sum 41 memainkan kurang lebih 20 lagu. Mulai dari lagu jadul jaman saya SMP dulu sampai lagu terbarunya 'Landmines' yang albumnya akan dilaunching akhir bulan Maret ini. Saat mereka tampil, saya gak bisa menahan diri untuk gak nyanyi, gak bisa menahan untuk gak teriak, gak bisa menahan juga untuk gak merekam video.. huhu.. mon maaf agak norak yes..  Kalau pak Yayan sibuk merekam video yang nantinya bakal diupload ke youtube gitu katanya. Di part beberapa lagu ada segerombolan penonton yang membentuk lingkaran untuk mosh pit, lanjut pogo-pogo tapi tetep damai. Alhasil tempat kami berdiri agak bergeser mundur jadi gak strategis lagi..

Ada part-part dimana mas Deryck mengajak penonton untuk melompat, jongkok, teriak, menyalakan flashlight.. Seru banget.. Ada part-part saat lagu jadul dinyanyikan kok saya jadi pingin nangis.. Mengingat perjuangan jaman dulu kala..  Ada part-part saat kami meloncat rasanya happy banget plong bahagiaaa... Huwaaa.. Sungguh campur aduk rasanya..

Huwaaa.. Penampilan Sum 41 ini keren abis. Gak abis pikir begitu kuatnya fisik mereka yang harus melakukan tour ke berbagai negara yang rata-rata hanya berselang satu hari untuk istirahat. Mengingat umur mereka udah 40an lebih. Cool..

Akhirnya dua jam berjalan dengan cepat.. Gak terasa konser ini pun berakhir dengan lagu pamungkas mereka 'In To Deep'. Rasanya sedih karena setelah final tour selesai mereka akan bubar, setelah 27 tahun berkarya.. Terimakasih Sum 41, musik-musik mu sudah menemani masa remaja saya sampe sekarang jadi emak-emak. Mulai dari saat sedang down, patah hati, sedih, hingga bahagia. Musikmu jadi penyemangatku.. Terimakasih sudah mampir di Jogja yaaa.. 
Done!

Saya bikin video pendek yang diupload di reels ig, boleh lah diupload disini juga. Mon maap kalau teriak-teriak yes.. Kesempatan sekali seumur hidup..