Rabu, 17 Januari 2018

# diy toys

Permainan Murah Meriah : Menabung Koin

Hai ibu hai bapak, apakah sering nemu koin bergeletakan di area rumah? Bisa jadi nyempil di rak buku, di kasur atau di meja. Pasti ada rasanya sebel juga, bikin keadaan rumah ga rapi karena koin-koin itu mrintil disana sini. Daripada emosi mending koin itu dikumpulkan trus dijadikan salah satu media permainan buat si kecil..hohoho.. :D

Caranya gampang banget kok, dulu saya pernah bikin buat Sakha. Dulu pas Sakha berumur sekitar satu tahun, saya pengen belajarin Sakha cara memasukkan objek ke dalam suatu wadah, selain itu saya pengen juga ngajarin Sakha tentang perbedaan warna. Akhirnya tercetuslah ide membuat mainan ini. 
Bahan-bahan yang dibutuhkan adalah :
  1. Toples dan penutup plastik bekas kue
  2. Pensil
  3. Gunting
  4. Beberapa buah uang koin limaratusan
  5. Kertas origami warna-warni
  6. Lem atau solasi
Cara membuatnya gampang banget :
  1. Cetak kertas origami warna-warni menjadi bentuk lingkaran menggunakan pensil, sesuai dengan diameter uang limaratusan. Saya menggunakan kertas berwarna merah, hijau dan kuning. Kemudian gunting pola cetakan lingkaran pada kertas tersebut.
  2. Tempelkan pola lingkaran tersebut pada masing-masing sisi uang koin. Bisa ditempel menggunakan lem atau solasi. Jadi semua bagian koin tersebut akan tertutup kertas warna.
  3. Lubangi penutup toples sesuai dengan diameter koin yang dipakai. Tutup toples tersebut.
  4. Toples yang berfungsi sebagai celengan beserta uang koin warna-warni sudah jadi..hohohoho..
Koin warna-warni
Sebenarnya ide untuk melatih si kecil menjimpit suatu objek dan mengenal berbagai macam warna bisa juga lho dengan menggunakan media pompom. Tapi alangkah bagusnya menggunakan berbagai jenis media, supaya si kecil semakin mengenal konsep tentang benda-benda yang dia pegang, apakah itu tebal, tipis, berat, ringan, empuk atau kasar.

Yuhuu, mainan koinnya udah jadi. Saatnya ajak si kecil untuk main..hohoho. Cara bermainnya simple aja, minta si kecil untuk memasukkan koin warna-warni tersebut ke dalam lubang toples. Saat si kecil memasukkan koin, bunda bisa sambil menyebutkan nama warna koin tersebut. Buibu juga bisa mengenalkan konsep kosong dan isi pada si kecil. Kalau celengan toples udah terisi penuh, minta si kecil untuk membukanya dan mengeluarkan koin-koin di dalamnya. Ulangi permainan ini sampe bosan..hahaha..
Ayo masukkan le!
Di awal mencoba Sakha mengalami sedikit kesulitan saat memasukkan koin. Karena kan lubang koinnya mendatar, nah waktu itu Sakha masukin koinnya dalam posisi tegak, jadinya si koin ga masuk. Disini saya bisa kasih arahan ke Sakha kalau masukin koin harus pula diperhatikan posisinya supaya pas. Dengan begini Sakha juga bisa melatih kesabaran
Seiring bertambah usianya Sakha, dia udah bisa masukin koin dengan gampang ke dalam celengan. Selain itu Sakha juga udah mengerti tentang perbedaan warna. Nah, kali ini saya coba ganti konsep permainan koin ini menjadi permainan menabung. Ceritanya Sakha juga barusan dapet goodie bag berisi celengan dari temannya yang ultah. Wah, pas banget.
Menabung koin
Nah dalam rangka mendukung Sakha bebas diapers 2018, saya dan ayah Sakha ini kasih reward uang koin tiap Sakha berhasil pipis di kamar mandi. Kadang uang kertas juga seribu atau duaribu. Nah biasanya kami akan bilang ke Sakha "Sakha nanti kalau pipis di kamar mandi ya, nanti Sakha bisa nabung, trus bisa buat beli mainan". Dengan adanya ajakan itu Sakha jadi lebih semangat pipis di kamar mandi. Udah jarang banget ngompol.
Sesi pecah celengan
Sakha juga semakin sering menabung. Jadi misal lagi jalan-jalan di mall dan Sakha merengek pengen beli suatu mainan, saya akan bilang "Iya bisa beli, tapi kan Sakha nabung dulu, nanti tabungannya dihitung dulu, kalau cukup baru dibelikan ya". Untungnya Sakha kooperatif, jadinya dia sabar banget buat nunggu tabungannya cukup. Nah setelah uang di tabungan cukup, baru saya akan tawari Sakha beli mainan. 

Pernah di suatu sore kami membuka celengan Sakha dan menghitung uang di dalamnya. Lumayan bisa dibelikan mainan set dokter-dokteran dan mainan topeng yang memang dipingini Sakha. Sakha seneng banget. Saat dia nunjuk-nunjuk mainan lain dan minta dibelikan, kami tinggal bilang "Sakha uangnya ga cukup, Sakha harus nabung dulu". Syukurlah dia mengerti.. :D

Huwoow..postingan permainan menabung koin ini kok jadi panjang lebar..hehehe.. Intinya banyak manfaat yang didapat dari permainan ini, antara lain :
  • mengasah kemampuan motorik halus
  • mematangkan kemampuan menjumput suatu objek
  • mengasah kemampuan koordinasi mata dengan tangan
  • membiasakan gerakan persimpangan (contohnya saat Sakha membolak balikkan posisi koin tegak atau mendatar disesuaikan dengan lubang celengan)
  • melatih kesabaran
  • mengenal macam-macam warna (contohnya saat Sakha memasukkan koin berwarna-warni) 
  • mengenal konsep uang, jenis dan nominalnya
  • melatih berhemat dan menabung
Waaaah, ayo tunggu apa lagi. Yuk ajak si kecil bermain menabung koin ini! Kelihatannya bagi orang dewasa permainan ini sangat sepele ya, tapi tetep punya manfaat yang banyak untuk si kecil. Yuk menabung. Sedikit-sedikit lama-lama menjadi bukit! :D


Sumber gambar :
Kartun : https://img.clipartxtras.com/51137e50621af6deda6ea1d876d7ef48_378-kid-saving-stock-illustrations-cliparts-and-royalty-free-kid-kids-saving-money-clipart_1300-974.jpeg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Me @granitprihara