Selasa, 08 Agustus 2017

# travelling

Sumber Ubalan, Kolam Renang Sejuk di Kabupaten Kediri

Hai masih ada sisa cerita saat liburan mudik kemarin nih, gimana kami berwisata di daerah kabupaten Kediri. Kenapa kok nyasar ke Kediri? Ceritanya kami pengen piknik sambil berenang gitu, tapi kan kolam renang Sumber Udel di Blitar pasti ramai banget saat liburan. Akhirnya kami mencari alternatif wisata kolam renang lain, nemulah di google tempat bernama Sumber Ubalan ini.

Ceritanya kakak saya waktu kecil pernah main kesini, katanya tempatnya sejuk dan nyaman, cocok banget buat piknik. Sumber Ubalan ini terletak di daerah Wates, Kabupaten Kediri tepatnya di desa Plosoklaten. Dari kota Blitar kira-kira memakan waktu satu jam perjalanan menggunakan mobil. Ancer-ancernya gampang banget, cukup andalkan mbah google map..hehehehe..

Setelah sebelumnya kami berpanas-panas kasih makan rusa di Maliran Deer Feeding, sekarang waktunya kami bersejuk-sejuk ria disini..hohoho.. Sebenernya yang renang cuma Sakha, ayah Sakha plus pak dhe Sakha aja sih. Saya dan budhe Sakha cuma jadi penonton setia aja..

Sampai di lokasi wisata Sumber Ubalan, ternyata emang bener tempat ini sejuk banget. Disi banyak banget pohon-pohon besar yang tumbuh. Harga tiket masuk kawasan wisata ini cukup murah, yaitu Rp. 5.000 untuk dewasa dan Rp. 4.000 untuk anak-anak.
Loket Sumber Ubalan
Masuk area wisata ternyata banyak banget pedagang makanan dan cindera mata yang berjualan di area dalam. Di dalam sini juga banyak tersebar permainan anak-anak, seperti ayunan dan mangkok putar. Selain itu banyak pula tempat untuk duduk bersantai. Selengkapnya berikut rambu wisata disini.
Rambu wisata Sumber Ubalan
Kios cindera mata
Nah karena kami nyampe sini itu siang hari sekitar jam 13.30 kami memutuskan untuk langsung menuju area kolam renang. Ternyata untuk masuk ke area kolam renang, ada tiket masuknya juga :D, per orangnya wajib membayar Rp. 4.000. Kolam renang di tempat ini ada dua yaitu kolam renang anak dan kolam renang dewasa. Di sekitar kolam renang terdapat gazebo untuk duduk bersantai, selain itu juga terdapat area permainan anak-anak.
Gazebo di area kolam renang
Suasana kolam renang saat itu cukup ramai, walaupun demikian ga menyurutkan Sakha, ayah Sakha dan pakdhe Sakha buat nyemplung. Perkiraan kami kalau kolam renang ini bakal panas ternyata salah besar, renang disini bener-bener "iyub" alias teduh. Airnya pun kelihatan jernih tanpa kaporit..hoho..

Langsung dah mereka pada nyemplung. Sama seperti saat di BJBR beberapa waktu lalu, Sakha demen banget lho mainan air. Tapi dia sempat trauma juga karena badannya "njungkel" ke depan trus ga sengaja meminum air kolam.

Nah setelah kejadian njungkel itu, Sakha ga mau nyemplung lebih dalam lagi ke air. Beraninya cuma duduk di pinggir doang. Ya semoga besok-besok Sakha lebih berani lagi main airnya. Semoga Sakha ga kayak emaknya ini yang ga bisa renang..eaaa..
Sakha ga berani nyemplung
Nah ceritanya mereka kan lagi asik main air, saya dan budhenya Sakha leyeh-leyeh di pinggir kolam renang. Kebetulan kami dapet rezeki, ada orang yang meminjamkan tikar yang udah disewanya. Kayaknya sih karena tikar mereka bawa masih muat banyak trus yang disewa jadi ga terpakai. Jadilah kami memakai tikar tanpa perlu membayar. Makasih banyak Pak..Buk.. :D

Iyes, di kolam renang ini juga disediakan penyewaan tikar, ban besar serta ban kecil semacam bentuk bebek dan angsa untuk alat bantu renang. Kalau ga salah lihat harga sewanya Rp. 5.000 sepuasnya. Karena Sakha udah ga mau nyemplung, niat menyewakan Sakha ban bebek yang lucu pun ditunda. Akhirnya Sakha digendong ayahnya ke tengah menuju timba raksasa yang bisa numpahin air. Sakha heboh banget disana.
Sakha diguyur timba raksasa
Capek mengeksplorasi kolam anak, ayah Sakha pengen berenang di kolam dewasa. Tapi Sakha ga mau lepas dari dekapan ayahnya, alhasil dia tetep ngamplok si ayah walaupun masuk di pinggiran kolam renang sedalam 1,5 meter.
Otw kolam renang dewasa
Melihat Sakha udah mulai kedinginan, saya langsung mengajak Sakha menuju kamar mandi untuk mandi. Nah saya kira bakal ada antrian panjang di kamar mandi, ternyata engga lho. Saya juga kaget ternyata keadaan kamar mandinya bersih, lantainya juga ga licin..hohoho..

Setelah semua personel renang tadi membilas diri di kamar mandi, kami pun leyeh-leyeh di tikar sambil makan cemilan. Rasanya enak banget. Teduh dan ademnya tempat ini cocok banget dibuat piknik.
Piknik dulu
Setelah melepaskan waktu disini kurang lebih selama dua jam, kami memutuskan untuk pulang. Tekad kami untuk pulang semakin bulat ketika mendengar petugas mengumumkan kalau tempat ini akan tutup karena jam sudah hampir menujukkan pukul empat sore. Sebelum pulang Sakha minta naik mangkuk putar dulu nih..hohoho..
Sakha naik mangkuk putar
Yuhuuu, sekian cerita saya tentang wisata di kolam renang Sumber Ubalan. Menurut kami tempat ini sangat recommended. Walaupun fasilitas yang ada di tempat ini memang bukan model baru, tapi keteduhan kolam renang ini sukses membuat kami betah berlama-lama disini. Tempat ini cocok banget untuk wahana rekreasi keluarga, harga tiket masuknya pun sangat terjangkau..

Yuk mampir di kolam renang Sumber Ubalan! Tempat ini buka mulai pukul 09.00 sampai pukul 16.00..