Kamis, 04 Januari 2018

# cerita mudik # curhat

Cerita Mudik Akhir Tahun 2017

Horeee, akhir tahun 2017 kami sekeluarga diberi kesempatan untuk menikmati indahnya mudik ke kampung halaman. Tumben akhir tahun mudik? Biasanya mudik saat lebaran aja..hohoho.. Yes, ga seperti dua tahun terakhir dimana kami menikmati akhir tahun di Jogja, akhir tahun 2017 ini kami memilih mudik karena kantor kami lagi cuti bersama.

Ya ga cuti bersama banget sih, intinya karyawan diwajibkan ambil cuti selama 4 hari dari tanggal 26 sampai 29 Desember. Tapi tetep jatah cuti tahunan karyawan dipotong..wkwkwk.. Alhasil balance cuti saya minus dong..oke lah sip..

Selain alasan cuti bersama, kami juga ga yakin kalau lebaran tahun 2018 kami bakal bisa mudik ke kampung halaman, karena adanya kehadiran anggota keluarga baru yang masih kecil, mana tega untuk diajak mudik jauh.. :)
Saat selesai mudik lebaran tahun 2017 saya udah cerita panjang lebar tentang semua kejadian yang saya alami waktu itu. Nah kali ini saya juga mau cerita lagi kejadian apa aja waktu mudik akhir tahun, tujuannya buat dokumentasi aja, sapa tau bisa saya baca-baca pas waktu saya selo..wkwkwk..

Seseru apa sih mudik keluarga kami akhir tahun ini, yuk mari simak.. :D
1) Saat Mudik
Jogja - Blitar
Kami berangkat mudik ke Blitar di tanggal 23 Desember jam 02.30 pagi. Packing saya baru kelar jam 23.00 semalam. Bisa dibayangkan gimana pusingnya saya karena tidur cuma sebentar. Tumbennya kali ini Sakha ga bangun dari tidurnya, jadi langsung kami pindah tidurnya ke kursi mobil bagian belakang.

Kami berhenti untuk subuhan di daerah setelah Solo. Perjalanan kali ini terbilang campur-campur, lalu lintas bisa sepi banget di suatu area, di area lain dia bakal ramai. Seinget saya kami kejebak macet parah di daerah Caruban. Trus parahnya Sakha sempat muntah di daerah Nganjuk. Kayaknya dia kebanyakan gerak pindah-pindah dari kursi belakang ke depan gitu, dan sebaliknya. Plus jalan di Nganjuk kan gronjal-gronjal ga jelas, akhirnya mumet trus masuk angin.
Selesai menikmati jalan gronjal-gronjal di sekitar Nganjuk, sampe di Kediri pun juga kami kejebak macet lagi. Untung Sakha udah mau bobok pas mau masuk kota Kediri. Dia kebangun lagi ketika kami udah nyampe rumah Blitar.

Kira-kira kami nyampe Blitar sekitar pukul 09.45, alhamdulillah. Di Blitar Sakha ga semangat maemnya, mayan GTM. Mungkin karena pengaruh muntah di mobil tadi. Alhasil dia muntah lagi satu kali pas lagi asik main di teras rumah. Kalau saya gimana? Kan beberapa hari lalu saya sempat muntah parah pas hamil muda..wkwkwk.. Jangan ditanya lah, saya kalap maem masakan kampung, nafsu makan bertambah banyak.. :) Semoga masa muntah-muntah ini beneran sudah usai.

Kami punya waktu istirahat satu hari sebelum berangkat ke Probolinggo di tanggal 25 Desember. Waktu lowong itu ga kami sia-siakan, akhirnya kami memilih untuk berjalan-jalan ke tempat wisata di Blitar yang baru dilaunching awal Desember lalu, bernama Bukit Bonsai.

Puas main di Bukit Bonsai kami memilih pulang untuk mempersiapkan perjalanan kami ke Probolinggo esok hari.

Blitar - Probolinggo
Setelah puas rehat sebentar di Blitar, kami melanjutkan perjalanan ke Probolinggo. Kami berangkat pukul 03.30 dini hari. Saat berangkat ini Sakha tidur pulas, dia baru bangun saat berhenti sholat subuh di Malang.

Perjalanan waktu itu lancar banget, lalu lintasnya masih sepi. Kira-kira pukul 06.35 kami udah memasuki kabupaten Probolinggo. Sakha masih aja bobok pules..wkwkwk.. Ayah Sakha sempat jumawa juga soalnya Blitar - Probolinggo cuma memakan waktu perjalanan sekitar 3 jam aja bos.

Ga dinyana, kira-kira kurang dari 2 kilometer dari rumah Probolinggo kami mengalami musibah. Mobil kami ditabrak motor dari samping kiri. Jadi ceritanya ada ibu-ibu bawa barang bawaan banyak kayak karung dan kardus gitu naik motor. Si ibu itu mengendarai motor sejajar dengan mobil kami. Kami di sisi kanan, si ibu di sisi kiri jalan. Nah tiba-tiba di suatu pertigaan, ada motor lagi yang nyelonong langsung belok, si ibu kaget dan langsung menghindari motor itu dengan banting setirnya ke kanan, alhasil nabrak pintu mobil kami di sisi kiri dong.

Si ibupun kesrempet mobil kami trus jatuh ke aspal. Saya panik banget, karena kejadiannya kan persis di kiri saya, di pinggir pintu sebelah kiri. Waktu liat kondisi ibu sempet deg-degan juga soalnya beliau lemes banget ga gerak. Gimana kalau ibu itu meninggal? :(

Syukurlah si ibu keadaannya baik-baik saja, beliau mengalami luka lebam di wajah dan lecet di kaki. Si ibupun mengakui kalau beliau salah, lagi apes. Akhirnya kami mengantar si ibu ke RS terdekat di daerah Dringu. Setelah mengurus biaya administrasi, kami mengantar si ibu ke daerah rumahnya di Kraksaan. Ga lupa kasih amplop juga, siapa tau bisa meringankan pengobatan selanjutnya.

Di daerah Kraksaan udah menunggu ayah mertua saya yang sebelumnya mengendarai motor milik si ibu bersama suami si ibuk yang ternyata saat kecelakaan itu suami si ibu ada di belakang istrinya dengan mengendarai motor lain sambil membonceng anaknya.

Setelah urusan beres kami langsung balik ke rumah Probolinggo. Masih ngeri juga kebayang-bayang tabrakan tadi. Tabrakan tadi menyisakan luka goresan pada pintu mobil sebelah kiri bagian depan dan belakang. Nabung dulu pak buat benerin, maklum ga pake asuransi.. :(
Bekas kesrempet parah
Untuk melupakan kejadian ga mengenakkan ditabrak orang, kami memilih rekreasi keluarga, mulai dari menikmati malam di alun-alun kota Probolinggo, mbolang ke Pantai Pasir Putih Situbondo dan balik lagi rekreasi ke BJBR..hehehe.. Seru-seru.. Nanti ceritanya saya jabarin di postingan lain ya.. :)

Baca : Alun-Alun Kota Probolinggo, Tempat Favorit Sakha Saat Mudik

Baca : Memori Yang Indah di Pantai Pasir Putih Situbondo

2) Saat Balik
Probolinggo - Blitar
Yuhuu setelah 4 hari liburan di Probolinggo waktunya balik ke Blitar lagi, kami berangkat pukul 03.45 pagi. Kali ini Sakha bangun untuk pamitan ke eyang uti, eyang kung dan tante nya. Eh ga berapa lama perjalanan Sakha udah molor lagi. Alhamdulillah ga pake drama muntah-muntah. Sebelumnya kami punya rencana mbolang ke Batu untuk sekedar rekreasi ke alun-alunnya. Tapi dipikir-pikir kok ribet ya, belom lagi pasti nanti lalu lintasnya macet.

Kami berhenti subuhan di masjid daerah Blimbing Malang. Ga lupa juga kami nostalgia melewati rute jalan yang pasti kami lewatin saat kuliah dulu yaitu Jalan Sumbersari dan Jalan Veteran dimana kampus kami tercinta berada..hohoho.. Sempet kaget juga kalau MX Square deket Matos itu dibongkar..

Untuk nglurusin kaki plus buat istirahat menghirup udara segar, kami memilih rehat di Jalan Ijen. Sekarang Jalan Ijen Malang udah beda banget, jauh lebih rapi dengan adanya banyak kursi-kursi untuk rehat disana. Tamannya pun tetap terawat dengan baik. Seneng banget saya disini, karena pagi itu udaranya seger banget. Ga lupa foto-foto dulu sambil jalan..
Foto sama icon bunga kota Malang
Pagi di Malang yang mendung
Setelah kurang lebih setengah jam rehat disini, kami langsung cuzz melanjutkan perjalanan. Pengen juga saat sampai di Bendungan Lahor kami berhenti buat foto-foto. Tapi melihat Sakha tertidur pulas di mobil, kami jadi ga tega buat membangunkannya hanya demi sebuah foto.

Kira-kira pukul 07.40 kami udah sampe di kota Blitar tercinta. Alhamdulillah drama GTM Sakha ga berlanjut disini. Sampe Blitar ini Sakha lahap banget maemnya..hohoho.. Seneng deh. Malamnya kami makan bareng keluarga besar di warung yang menjual makanan khas Bali. Mantab..
Makan bareng yang nikmat
Esok harinya kami pergi mengunjungi saudara di Lodoyo. Esok lusanya kami meruput dari pagi demi menikmati es krim khas Italia alias gelato pertama di kota Blitar. Yes, semenjak dibuka pertengahan tahun 2016 lalu tempat ini selalu ramai pengunjung, jam sepinya adalah pagi hari. Jadi mari menjajah gelato di pagi hari.. :)

Baca : de Classe Gelato & Coffee, Gelato Pertama di Kota Blitar

Selesai menikmati gelato kami langsung cuzz ke tempat wisata yang terbilang baru juga di kota Blitar. Tempat wisata edukasi tentang dunia ikan, bernama Fish Garden. Sakha demen banget disana bisa berinteraksi dengan bermacam jenis ikan. Apalagi juga disediakan terapi ikan gratis di kaki..hohoho..bikin geli-geli bahagia..

Baca : Fish Garden Blitar, Wisata Edukasi Mengenal Aneka Jenis Ikan

Blitar - Jogja
Walaupun cuma beberapa hari aja di Blitar, tapi rasanya seneng banget bisa kumpul dengan keluarga, jalan-jalan bareng, makan bareng..priceless banget. Ga kerasa harus balik ke perantauan lagi. Kami balik ke Jogja tanggal 1 subuh. Di malam tahun baruan kami memilih ga kemana-mana karena emang jalan bakal rame kan ya, males aja keluar rumah. Mending packing atau tidur untuk menyimpan tenaga buat arus balik esok hari.

Rencananya untuk menuju Jogja kali ini kami ga melewati jalur biasanya, tapi kami memilih untuk lewat Sarangan. Mas bilang kalau jalan di Sarangan ini mulus plus pemandangannya bagus banget, kami kan jadi penasaran.

Kami berangkat dari Blitar pukul 04.30 subuh. Rutenya adalah Tulungagung, Trenggalek, Ponorogo, Magetan, Karanganyar, Solo, Jogja. Kami pure mengandalkan google direction. Dasar google direction memang cari rute tercepat,  akhirnya kami dilewatkan jalan yang kecil dan sepi. Baru pertama kali lewat jalan Sarangan ini, kami lumayan kaget aja karena lalu lintasnya rame banget dipenuhi motor.

Kami sempat ketir-ketir karena jalan di Sarangan kan naik turun berkelok-kelok plus lebar jalannya sempit. Tambah lagi pengendara motornya pada berjejeran pelan-pelan. Ya kalau motor gampang kan pasti ngegas ngeremnya, lha kalau mobil musti main gigi satu, gigi dua trus ngerem trus gigi satu lagi, trus hand rem. Ya kalau mobilnya semacam Fortuner atau Pajero yang tenaganya handal. Kalau mobilnya city car semacam mobil kami, apa ga kurang tenaga dan bau kampas rem. Mobil kami berkali-kali tiba-tiba mati di jalan lho karena ngerem trus kebablas mati untuk menghindari motor-motor yang berjejer itu. Motor berjejer karena apa? Karena mereka melaju pelan sembari mencari spot selfie yang bagus :|

Akhirnya daripada emosi jiwa, diputuskan untuk rehat sebentar di warung makan di atas danau Sarangan. Pemandangannya bagus banget, hawanya juga adem bikin porsi makan bertambah banyak. Kami memesan dua porsi sate kelinci dan mie goreng disana. Sukses dihabiskan! Alhamdulillah.
Wow pemandangannya bagus banget
Sate kelincinya agak alot tapi enak
Setelah kenyang, kami melanjutkan perjalanan menuju Jogja. Lalu lintas menuju Karanganyar padat merayap..oleh motor. Kami takjub banget saat lewat daerah sebelum Tawangmangu, pemandangannya bagus bangeeeet, bukit-bukit tinggi hijau berjejeran, kereeeen. Setelah menaiki bukit, waktunya menuruni bukit, lagi-lagi jalannya juga macet karena emang orang-orang lagi pada tahun baruan di daerah Tawangmangu ini.

Rasanya jantung ini deg-degan banget saat melewati jalur yang naik turun itu. Ya besok kalau mau mudik lagi sebaiknya melewati jalur biasa aja, ga usah lewat Sarangan lagi daripada spot jantung, begitu pikir kami.. :D

Arus balik ini kami banyak berhenti-berhenti, selain berhenti di Sarangan, kami juga berhenti di sekitar Solo untuk pup dan makan.. :D Ada kejadian lucu plus nyebelin saat Sakha kebelet pipis tapi dia maunya pipis di pom bensin. Nah karena di daerah itu ga ada pom bensin karena sekitarnya emang sawah-sawah, akhirnya kami paksa Sakha buat pipis di pinggir jalan. Eh Sakha ga mau dong, pokoknya maunya pipis di toilet :D. Akhirnya kami melanjutkan perjalanan cukup jauh baru menemukan mushola. Sakha akhirnya mau juga pipis di toilet mushola. Ternyata dia bisa nahan pipisnya..hehehe..

Setelah perjalanan super duper panjang, akhirnya kami nyampe juga di Jogja sekitar pukul 16.00. Yes, ini adalah perjalanan terlama sepanjang Blitar-Jogja. Tapi banyak banget pengalaman seru yang terjadi sepanjang perjalanan.

Yes akhirnya kembali ke kehidupan nyata, dimana esok sudah kembali bekerja, kembali ke rutinitas seperti biasa. Semoga di tahun baru ini semuanya menjadi lebih baik ya. Sekali lagi selamat tahun baru. Maaf banget postingan kali ini super duper panjang banget. Jangan bosan yaaaa.. Semoga tahun ini semakin banyak tulisan bermanfaat yang diposting di blog ini..hohoho..

Thanks for reading.. :*

Sumber gambar :
Kartun mudik : https://www.lintasparlemen.com/wp-content/uploads/2016/07/Gambar-DP-BBM-Mudik-Tahun-Baru-2016-640x445.jpg