Jumat, 10 Maret 2017

# travelling # wisata jogja

Wisata ke Candi Borobudur di Akhir Tahun

Hai hai, saya kali ini akan nulis flashback tentang liburan ke Candi Borobudur saat akhir tahun lalu. Yap, akhir tahun tu pasti ada rutinitas keluarga datang ke Jogja buat liburan. Nah karena bingung mau diajak kemana dan karena kebetulan juga kami ga pernah jalan ke Candi Borobudur, ya udah deh kesana aja. Tanpa rencana, tanpa planning.. :D

Ya sebenernya saya dan suami ini udah pernah ke Borobudur, tapi itu udah berpuluh-puluh tahun yang lalu, saat kami masih sekolah apa ya. Ke Candi Prambanan juga udah pernah. Dalam rangka liburan kelulusan SD setelah menghadapi pelajaran pada caturwulan-caturwulan yang mendebarkan *jiaah

Baca : Candi Prambanan Saat Long Weekend

Kami berangkat dari rumah sekitar pukul 10 pagi. Nanggung banget, soalnya hari ini Jumat, berarti ayah Sakha harus shalat Jumat di jalan. Waktu itu tanggal 30 Desember, bisa dipastikan jalan bakal ramai karena suasana liburan. Akhirnya kami memutuskan untuk menggunakan jalur alternatif untuk menuju Candi Borobudur.

Seinget saya jalur alternatif ini melewati Jalan Godean, daerah Kalibawang dan Jagalan. Keadaan jalannya bagus, ya kayaknya karena masih baru. Badan jalannya juga lebar. Tapi rutenya naik turun. Keadaan jalannya pun sepi, minim orang jualan. Tapi menurut saya jalur alternatif ini sangat recommended karena bikin kita cepet sampe ke Magelang tanpa takut terjebak macet saat musim libur tiba.

Setelah kurang lebih 1,5 jam perjalanan, kami nyampe juga di area Candi Borobudur. Hari itu cuacanya mendung dicampur gerimis kecil. Keadaan lalu lintas menuju pintu masuk pelataran candi sangat macet. Di pinggir jalan banyak mas-mas yang menawarkan tempat parkir. "Ayo mobil parkir disini aja, di dalam sudah penuh, ga ada tempat parkir kosong!", gitu kata si mas-mas. Kami keder juga soalnya kalau udah nyampe dalam tapi ga dapet tempat parkir kan repot yak harus puter balik, mana keadaannya lagi macet. Akhirnya kami putuskan untuk parkir di tempat parkir yang ditawarkan si mas-mas tadi.

Okay, ternyata tempat parkirnya adalah di halaman sekolah. Saya lupa nama sekolahnya apa, pokoknya SD dah. Kami parkir di halaman SD bagian dalam..hahaha.. Dan ternyata untuk menuju candi itu jalannya lumayan jauh sodara! Yah, sebelum memasuki area candi kami memanjakan perut dulu di salah satu RM Padang di deket situ supaya setrong. Selesai makan, kami mulai memasuki area pelataran candi..mayan capek bok..soalnya saya sama suami gantian gendong Sakha..

Masuk di area pelataran candi, kami bete dong..kenapa? Karena masih banyak tempat parkir mobil yang kosong. Tau gitu parkir disini aja yak! Yaweslah ga papa itung-itung olah raga. Yuk mending langsung beli tiket aja..

Karena auforia akhir tahun, antrian pembelian tiket pun membludak. Wah pokoknya rame dimana-mana dah. Setelah mengantri beberapa menit akhirnya dapet juga tiketnya. Harga tiket adalah Rp. 30.000 untuk orang dewasa, sedangkan untuk anak-anak Rp. 15.000. Sakha belum kena tiket nih, karena umurnya masih 2 tahun..
Antriiii
Masuk ke dalam area candi, kami disambut oleh tulisan Candi Borobudur yang kekinian. Ya sayang banget untuk dilewatkan dalam sesi pemotretan. Kami foto dulu lah ya, tapi sayang ada seorang ibu yang nyelonong mau foto-foto juga..hahaha..cuekin dah..
Borobudur ini tulisannya :D
Di sekitar area pintu masuk ini juga terdapat banyak sekali boneka orang. Apa itu? Ya ada orang yang pake kostum karakter tertentu. Disini kami menemui karakter kostum Micky Mouse, Doraemon dan Hello Kitty. Sakha heboh banget, dia pengen foto berdua sama si Doraemon dan Hello Kitty..tumben ni bocah berani..hahaha..
Sakha sama Doraemon
Sakha sama Hello Kitty
Nah selesai foto, ga lupa si Sakha belajar masukin uang ke dalam kantong Doraemon dan Hello Kitty. Suka rela aja kok. Selesai puas berfoto, kami melanjutkan perjalanan ke area candi. Karena kami udah lumayan gempor jalan dari parkiran luar menuju area candi, akhirnya kami putuskan untuk menuju candi utama itu kami naik kereta mini aja..hoho..biar ga capek buk!
Antri disini ya
Harga tiket kereta mini ini per orang Rp. 7.500. Lagi-lagi Sakha ga kena tiket nih, soalnya masih kecil..mayaan ngiriitt. Ternyata jarak dari loket kereta mini ke candi utama lumayan jauh, ya kalau jalan lumayan gempor lah. Di perjalanan naik kereta mini ini kita bisa puas liat pemandangan rumput hijau, selain itu kita juga bisa melihat andong berseliweran di kawasan ini. Ternyata opsi ketika capek berjalan bukan hanya dengan menaiki kereta mini, namun juga bisa menyewa andong sodara.. :D

Setelah kurang lebih 7 menit perjalanan, kami nyampe juga di area candi pas! Yuhuu, ga perlu capek-capek jalan, senang sekali :D. Nah area menaiki anak tangga candi ini keadaannya rame banget. Pas liat pucuk Candi Borobudur ini Sakha terpesona, dia bolak-balik tanya, "Itu apa?, kok tinggi?, kok di atas tu.." hahaha. Setelah dijawab kalau itu candi, Sakha ngeyel sambil nangis karena pengen naik ke atas. "Sakha mau ke atas, Sakha mau ke candi", katanya sambil nunjuk-nunjuk ke arah puncak candi.

Whaat? Mau ke atas.. Ama sama Ayah capek tolee.. ga kuat kalau musti gendong kamu sampe atas.. Akhirnya negosiasi dengan Sakha pun dimulai. Kita ga akan naik ke atas candi, karena selain keadaan di tangga yang 'umpel-umpelan', ya karena si emak dan bapak ini tak kuasa menggendong mu Nak.. :'D
Sakha nangis pengen naik ke puncak candi
Sakha pinter, akhirnya dia berhenti nangis juga setelah dibujuk. Akhirnya walaupun ga jadi naik ke puncak, kami tetep sempatin foto-foto sambil wefie bersama..hoho.. Walaupun ga sampe naik ke atas juga pemandangan disini udah bagus banget.. :D
Okee, Sakha udah ga nangis lagi
Wefie dulu
Setelah puas berfoto-foto, kami langsung balik menuju pintu keluar. Hari juga sudah mulai sore. Nah ceritanya kan dari pintu masuk ke area candi tadi ada kereta mini. Di area candi ke pintu keluar ini ga ada kenikmatan seperti itu, ya jadi semua pengunjung harus berjalan kaki..hahaha.. Ya mungkin salah satu alasannya adalah supaya pengunjung mampir ke museum di sekitar situ, bisa juga supaya pengunjung mampir stan oleh-oleh.

Ceritanya di area pintu keluar ada area menunggang kuda poni, dikhususkan untuk anak-anak memang. Nah karena Sakha belum pernah naik kuda, akhirnya kami ajak dia kesana supaya dia bisa tau rasanya naik kuda. Tarif per anak adalah Rp. 25.000. Kami udah semangat aja mau menyoraki Sakha.. tapi ternyata kata bapak-bapak yang jaga, Sakha belom cukup umur..hahaha.. Ya udah deh batal. Minimal usia TK lah baru bisa naik. Karena emang ini naik kudanya tanpa didampingi orang tua.

Okay, kami langsung menuju pintu keluar. Sebelum sukses melewati pintu keluar pengunjung diwajibkan melewati area stan oleh-oleh. Fiuuh.. saya merasa kok  kios-kios oleh-oleh ini panjang banget, ga  nyampe-nyampe bok :D Sekitar 15 menit berjalan akhirnya kami sampe juga di pintu keluar. Wait, tapi perjuangan kami ga berhenti disini. Karena kami harus menuju ke tempat parkir mobil, dimana itu adalah di LUAR! hahaha.. luar biasaa..

Akhirnya setelah 7 menit berjalan kaki nyampe juga kami di tempat parkir mobil.. Yoshh!! Hahaha.. Okey, ga berlama-lama kami langsung cuzz pulang. Ibu mertua saya bilang untung beliau sebelum main ke candi ini pijet dulu, kalau engga mungkin udah remuk banget ini badan..hahaha.. :D

Jadi ceritanya sehari sebelum ke candi, ayah Sakha mengajak ibu, ayah dan adiknya pijat sehat di Djemari. Atas rekomendasi saya, karena saya sebelumnya udah merasakan enaknya pijat disana..hehehe.. :D

Baca : Relaksasi Sejenak dengan Pijit  Sehat di Djemari

Jadi gimana..minat ke Candi Borobudur saat liburan panjang? Biar setrong jalan kaki kayaknya musti pijet dulu deh.. :p


Sumber gambar:
Candi : https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiGUNWFAGWY5jL9Njdr-uoaDJFG35PD_PMKhSFCk_ihf_JZ0qh94GCu1XO0-hAaDYZ4zwc3qg5mE_wuL65ktsT6w-iZzCYaGkOMD39Ve5onkDAh6olk65rqDr1fI52fv-SKo6sasdmQz18/s1600/candi+borobudur.jpg

11 komentar:

  1. sayang kmrin ane gak sempat pergi ke candi borobudur pas di jogja

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga lain waktu bisa berkunjung ke borobudur ya.. :)

      Hapus
  2. Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
    Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

    Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

    BalasHapus
  3. Kini hadir Permainan baru di Pianopoker.net🤩🤩🤩
    Bandar66
    Bandar66 merupakan game terbaru yang paling diminati saat ini , buruan login dan rasakan permainan baru yang fantastis yaitu Bandar66 hanya di Pianopoker.net

    Dan Dapatkan Jutaan Rupiah Dengan Mudah Hanya Di Pianopoker.net
    Real Website, Real Player Vs Player, Real Winner
    Buktikan Sekarang Juga Bersana kami hanya di PianoPoker

    Raih Bonus Extra Jumbo :
    - Bonus Extra Jumbo Rollingan ( dibagikan setiap 5 hari sekali )
    - Bonus Refferal Seumur Hidup

    CS Ramah & Profesional Siap Melayani 24 Jam
    Proses Transaksi Di Jamin Super Cepat
    Kartu Bagus (Easy To Winn)
    Support 5 Bank Local :
    - BCA
    - MANDIRI
    - BNI
    - BRI
    - DANAMON

    Minimal Deposit & Withdraw Hanya 20Rb
    Jangan Mikir Lagi Bos !!
    Jalan dan Kesempatan Sudah Ada Di Depan Mata
    Jangan Sia-Siakan Kesempatan Yang Ada bos !!
    Ingat Bahwa Kemenangan Bergantung Kepada Pilihan Anda.
    Jangan Sampai Salah Pilih Situs , Untuk Jadi Jutawan Pianopoker.net Solusimya !!

    Link : PianoPoker.Net

    Join Sekarang Juga !! Kami Tunggu Kehadirannya Para Calon Jutawan

    BalasHapus
  4. foto2nya bagus bro.. ada kenalan rental mobil disana gk bro?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih.. mohon maaf, sy ndak ada kenalan rental mobil.. mgkn bisa dicek komen2 di atas ada link tentang rental mobil.. :)

      Hapus
  5. kak, budget kesana kira2 mahal gk sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu pas saya kesana harga tiketnya 30ribu, ga tau juga kalau sekarang udah naik atau belom..

      Hapus